5 Alasan Orang Tua Harus Membaca Bersama Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu membaca bersama anak. Pixabay.com

Ilustrasi ibu membaca bersama anak. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anak yang mulai bersekolah tentu sudah mempelajari cara membaca. Begitu mereka membuka kata-kata dalam sebuah halaman buku, seluruh dunia luas terbuka untuk mereka. Entah itu cerita yang indah dari sebuah dongeng atau buku cerita berseri, anak-anak usia sekolah yang lebih muda dan lebih tua memiliki banyak pilihan memilih buku anak-anak yang hebat.

Baca juga: Chicha Koeswoyo Kalah Adu Cepat Baca Buku Bareng Anak

Anak yang mulai belajar membaca buku sendiri dapat memperkuat kemampuan membaca mereka. Selain itu, juga menjadi ide yang baik bagi orang tua untuk terus membaca buku bersama anak, bahkan ketika anak-anak sudah fasih membaca. Melansir laman Verywell, berikut ini  beberapa alasan mengapa orang tua dan anak-anak harus terus membaca bersama di usia sekolah.

#1. Mendorong anak mencintai buku
Membaca bisa jadi bagian daru kegiatan bersama keluarga. Semakin banyak Anda membaca bersama anak dan melihat Anda membaca buku-buku Anda sendiri, semakin mungkin ia juga suka menyelam ke dalam cerita yang bagus. Ketika Anda menumbuhkan kecintaan pada buku-buku dengan anak-anak dan membaca bersama mereka, Anda menanamkan kebiasaan besar yang akan berlangsung seumur hidup anak Anda.

#2. Waktu screen time lebih jadi sedikit
Ketika membaca buku sudah menjadi rutinitas, otomatis anak dapat mengurangi waktunya menonton televisi atau bermain gadget. Hal itu juga mendorong anak untuk mengelola waktunya sendiri antara membaca dan menggunakan waktu untuk screen time.

#3. Habiskan waktu bersama memperkuat hubungan 
Salah satu cara terbaik untuk membentuk kedekatan dengan anak adalah dengan membuka cerita yang bagus. Tidak hanya itu akan menjadi cara yang indah untuk menghabiskan waktu bersama dan memperkuat ikatan Anda dengan anak Anda, tetapi itu juga akan memberi Anda kesempatan untuk membagikan reaksi, pemikiran, dan pendapat Anda tentang cerita apa pun yang dibaca. Hal ini akan mendorong  anak untuk berpikir dan membentuk pendapatnya sendiri dan mengkomunikasikannya. Dengan membaca bersama akan membantu anak Anda menjadi kuat secara intelektual.

#4. Membantu keterampilan membaca anak
Saat keterampilan membaca anak mulai meningkat, Anda dapat bergiliran membaca bagian-bagian dari buku dengan keras. Melakukan hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anak dan membantu mereka menjadi terbiasa membaca bagi orang lain, yang akan menjadi keterampilan yang berguna di sekolah. Membaca dengan keras juga membantu anak-anak meningkatkan pelafalan, meningkatkan kosakata mereka, dan membantu mereka benar-benar mengakses dan memahami makna yang lebih dalam dari sebuah cerita.

#5. Hal yang menyenangkan
Hanya karena Anda orang dewasa, tidak berarti Anda tidak dapat menikmati buku anak-anak yang hebat seperti seri Harry Potter atau seri The Mysterious Benedict Society. Salah satu manfaat terbesar dari membaca buku anak-anak dengan anak memberikan kebahagaian dan kesenangan untuk Anda dan anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang tua bermain dan bersenang-senang dengan anak-anak adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang seorang anak menjadi bahagia dan sehat di kemudian hari.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."