Ketahui Feeding Rules untuk Anak, Waktu Makan Maksimal 30 Menit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak makan buah dan sayur. Shutterstock

Ilustrasi anak makan buah dan sayur. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua memiliki metode masing-masing agar anak-anak mereka memiliki jadwal makan atau feeding rules yang tepat. Menurut Dokter Spesialis Anak Novitria Dwinanda anak harus terlebih dahulu mentaati aturan waktu makan terjadwal kemudian orang tua menerapkan waktu makan tidak lebih dari 30 menit. 

"Untuk menghindarinya nanti menjadi susah makan, kerdil atau gagal tumbuh karena kekurangan gizi kronis, dan obesitas. Rutinitasnya bukan 30 menit dulu, makan sesuai jadwal. Makan di jam yang selalu teratur di jam itu. Nantinya anak akan menjadwalkan laparnya di jam-jam itu," ujar pakar kesehatan anak penyakit gizi dan metabolisme ini

Novitria mengatakan waktu makan diberikan maksimal 30 menit mengingat umumnya anak-anak tidak akan lagi menikmati makan setelah waktu tersebut.

"Sudah lebih dari 30 menit, dia sudah ngantuk, bosan. Lalu ibunya ingin anaknya menghabiskan makanannya, dan akhirnya anaknya marah-marah melihat sendok misalnya," ujarnya.

Lalu, sebaiknya anak diberi air putih saat makan, bukan saat menonton televisi dan di sela waktu makan. “Jadwalnya tiga kali makan, dia ada jajan di antaranya. Jadi jajannya bisa dua sampai tiga kali. Setelah itu, dia makan tiga kali. Susunya mana? Bisa disamakan dengan jajan, tergantung umur, jelas Novitria yang praktek di RS Pondok Indah - Puri Indah. .

Orang tua juga perlu menciptakan lingkungan yang menyenangkan saat anak makan, termasuk menerapkan aturan makan sambil duduk dan tidak menjadikan makanan sebagai hadiah.

Selain itu, sebaiknya berikan porsi kecil, berikan makanan dalam bentuk cair terlebih dahulu. Lalu pada saat makan, anak tidak boleh dipangku tetapi di hadapan orang berhadapan dengan orang yang memberinya makan.

Kemudian, jika anak tidak mau makan, cobalah diamkan beberapa saat lalu coba lagi. Jika dia tetap menolak maka akhiri makannya karena tidak perlu kehabisan makanan.

“Berantakan tidak apa-apa. Jangan sibuk menyeka,” katanya sambil menyarankan agar para orang tua membersihkan mulut atau wajah anak setelah anak selesai makan.

Pilihan Editor: Tips Atur Jadwal Makan Anak ala Nikita Willy, Terapkan Feeding Rules

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."