Resep Chocolate Strawberry Mousse Tart, Bisa untuk Vegan dan Tanpa Dipanggang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Choco Strawberry Mousse Tart/Foto: Doc. Nourishingamy

Choco Strawberry Mousse Tart/Foto: Doc. Nourishingamy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Chocolate Strawberry Mousse Tart adalah resep dessert yang kaya cokelat dan memanjakan karena dibuat dengan bahan-bahan vegan yang sehat dan bebas gluten. Makanan penutup ini juga tidak perlu dipanggang dan disajikan bersama coklat dan stroberi.

Jika Anda menyukai coklat dan stroberi bersamaan, ini adalah dessert yang paling sempurna untuk dibuat. Sangat enak untuk dibuat terlebih dahulu, sehingga Anda dapat menyajikannya kepada orang tersayang dengan mudah, dan rasanya sangat memanjakan. Tidak ada yang akan mengatakan bahwa itu dibuat dengan bahan-bahan yang lebih ringan dan sehat, atau bahwa itu vegan dan tidak perlu dipanggang.

Resep Chocolate Strawberry Mousse Tart 

Bahan: 

320g kue sandwich coklat
80g mentega vegan

Bahan isian: 

100 gr selai stroberi
180 gram cokelat hitam
200g keju krim vegan
150 gr tahu sutra
10 gram cokelat bubuk
60ml sirup maple
½ sdt esens vanila

Topping: 

150g krim kelapa kocok (atau krim bebas susu lainnya).
Stroberi segar
Pistachio yang dihancurkan

Cara Membuat: 

1. Lapisi dan olesi dasar loyang bundar berukuran 8 inci dengan bagian bawah yang longgar dengan kertas roti.

2. Untuk alasnya: haluskan kue hingga menjadi remah halus. Lelehkan mentega lalu aduk hingga adonan menyerupai pasir basah. Tekan campuran ke dalam loyang dan bentuk menjadi wadah asam, lanjutkan ke atas. Tekan dengan kuat untuk membuat alas yang kompak.

3. Oles selai ke seluruh bagian dasar dan dinginkan di lemari es sambil melanjutkan.
Untuk coklatnya: potong coklatnya kecil-kecil lalu lelehkan hingga mengkilat. Sisakan 30g coklat dan tuangkan ke dalam cetakan berbentuk hati (atau cetakan lainnya). Dinginkan di lemari es hingga mengeras (untuk hiasan).

4. Untuk isian: tuangkan 150g cokelat leleh ke dalam food processor bersama krim keju, tahu sutra, coklat bubuk, sirup maple dan vanilla. Blender hingga benar-benar halus, kikis sisi-sisinya seperlunya.

5. Keluarkan alasnya dari lemari es dan sekarang tuangkan isinya di atasnya. Gunakan sendok untuk mengaduknya dan mengisi celah yang ada. Masukkan ke dalam lemari es selama 4-6 jam (atau tutup dengan cling film dan diamkan semalaman) hingga mengeras.

6. Untuk penyajian: keluarkan mousse tart dengan hati-hati dari loyang dan taburi dengan krim kocok, ekstra stroberi, dan pistachio yang dihancurkan.

7. Nikmati langsung atau simpan di lemari es sampai dibutuhkan, bisa bertahan hingga 1 minggu, tertutup rapat. Anda bisa membekukan kue tart, tanpa krim, selama 1 bulan, dibungkus dengan baik. Biarkan mencair sebelum dihias.

Catatan: 

Kue sandwich coklat menggunakan kue Oreo tetapi Anda dapat menggunakan kue apa pun, pastikan saja kue tersebut vegan dan bebas gluten, jika diperlukan. Anda bisa menggunakan krim kocok bebas susu lainnya atau yoghurt kelapa kental di atasnya. Pistachio juga bagus untuk menambahkan kerenyahan di atasnya, tetapi Anda bisa menukarnya dengan kacang lain, atau menggunakan kelapa parut untuk membuatnya tanpa kacang.

Pilihan Editor: Resep Es Selendang Mayang, Kuliner Manis Khas Betawi

NOURISHINGAMY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."