5 Tips Parenting agar Anak Berperilaku Baik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua bercita-cita agar anak berperilaku baik. Untuk mewujudkan hal itu membutuhkan waktu, tenaga, dan teknik pengasuhan yang terampil. Bukan berarti pula sulit dilakukan. Anda dapat menciptakan landasan perilaku sehat dan pengembangan karakter anak Anda dengan mempraktikkan sejumlah tips parenting atau pola asuh berikut.

1. Tentukan ekspektasi dengan jelas

Tetapkan ekspektasi eksplisit dan sesuai usia untuk perilaku anak Anda. Hal itu mencakup penghargaan atas perilaku baik dan hukuman atas perilaku buruk. Menegakkan standar-standar ini dan membantu anak Anda dalam memahami batasan memerlukan konsistensi.

2. Memberi contoh

Anak-anak muda memperoleh keterampilan dengan melihat dan meniru orang tua mereka. Contohkan nilai-nilai dan perilaku yang ingin Anda tanamkan pada anak Anda, seperti kebaikan, rasa hormat, dan tanggung jawab, melalui tindakan dan interaksi Anda sendiri. Ingatlah, anak peniru ulung.

3. Biasakan dialog dan keterampilan pemecahan masalah

Ciptakan suasana yang ramah dan memberi semangat di mana anak-anak Anda dapat dengan bebas berbagi ide, emosi, dan kekhawatiran mereka. Kembangkan empati, komunikasi yang baik, dan pendengaran aktif pada anak Anda untuk memungkinkan mereka menyelesaikan perselisihan dan membuat keputusan sendiri yang bijaksana.

4. Tumbuhkan lingkungan positif

Untuk menghargai perilaku positif anak Anda, gunakan penguatan positif. Katakan kepada anak betapa bangganya Anda atas upaya dan pencapaian mereka, tidak peduli seberapa kecilnya. Penguatan positif mendorong anak Anda untuk mempertahankan perilaku baiknya dengan meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, dan rasa berprestasi.

5. Mendorong hubungan yang penuh perhatian dan kasih sayang

Bangunlah hubungan yang solid dan penuh kasih sayang dengan anak Anda yang didasarkan pada rasa hormat, kepercayaan, serta cinta yang tak tergoyahkan. Untuk membantu anak Anda merasa aman dan merasa diterima, habiskan waktu berkualitas bersama mereka, lakukan percakapan yang bermakna dengan mereka, dan tunjukkan minat yang tulus pada hobi dan kegiatan ekstrakurikuler mereka.

Itulah tips parenting agar anak berperilaku baik, semoga bisa membantu.

Pilihan Editor: 4 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."