7 Cara Mengenali dan Berinteraksi dengan Inner Child, Koneksi Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita melamun sambil tersenyum. shutterstock.com

Ilustrasi wanita melamun sambil tersenyum. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tahukah Anda jika istilah "inner child" atau "anak dalam diri" merujuk pada bagian emosional dan psikologis dari diri kita yang berkembang selama masa anak-anak. Inner child mencakup kenangan, perasaan, dan pengalaman yang terbentuk pada masa kecil, dan memengaruhi cara kita berpikir, berperilaku, dan merasakan dunia di sekitar kita saat ini.

Mengenali inner child adalah langkah penting dalam perjalanan pribadi untuk memahami dan mengatasi pola pikir dan perilaku yang mungkin berasal dari masa lalu, termasuk masa anak-anak. 

Berikut adalah cara mengenal dan berinteraksi dengan inner child:

1. Refleksi pada Masa Kanak-Kanak

Luangkan waktu untuk merenung tentang masa kanak-kanak Anda. Ingat kembali kenangan, perasaan, dan momen penting yang mempengaruhi Anda. Pertimbangkan bagaimana pengalaman-pengalaman ini dapat membentuk keyakinan dan pola pikir Anda saat ini.

2. Identifikasi Pola Pikir dan Perilaku

Amati pola pikir dan perilaku Anda yang mungkin berasal dari masa kanak-kanak. Apakah ada situasi tertentu yang selalu memicu perasaan atau reaksi khusus? Identifikasi apakah ada ketakutan, rasa tidak aman, atau kebutuhan yang mungkin belum terpenuhi.

3. Terhubung Emosional

Membentuk koneksi emosional dengan inner child Anda adalah langkah penting. Luangkan waktu untuk merespons perasaan dan emosi Anda dengan penuh empati dan pengertian. Ajak bicara inner child Anda secara lembut dan pastikan dia merasa didengar dan diberi perhatian.

4. Terapi dan Pekerjaan Pribadi

Jika Anda merasa perlu bantuan lebih lanjut dalam menjalani perjalanan mengenali inner child, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang terapis atau konselor yang terlatih dalam pekerjaan psikologis dan pemahaman inner child.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."