Mengenal IPL Rejuvenation yang Hits di TikTok, Ini Manfaat dan Cara Kerjanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Mengenal Perawatan Kulit Wajah dengan Teknologi Laser Rejuvenation. Depositphotos

Mengenal Perawatan Kulit Wajah dengan Teknologi Laser Rejuvenation. Depositphotos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahabat Cantika pernah mendengar perawatan Intense Pulsed Light atau IPL Rejuvenation? Perawatan wajah ini tengah ramai dibicarakan para warganet TikTok.

Melansir dari Who What WearIPL adalah perawatan peremajaan foto yang menargetkan berbagai masalah kulit, mulai dari bintik hitam hingga kemerahan dan jerawat. Perawatan ini menggunakan berbagai panjang gelombang cahaya, bukan laser.

Mengutip laman WebMD, IPL dikenal sebagai fotofacial yakni cara memperbaiki warna dan tekstur kulit tanpa operasi karena paparan sinar matahari di berbagai area kulit mulai dari wajah, leher, tangan, atau dada.

Seorang penulis blog, Caitlin Burnett membagikan pengalamannya melakukan perawatan IPL Rejuvenation di Le Jolie Medi Spa, West Hollywood, lewat laman Who What Wear.

"Kebanyakan orang yang menjalani treatment IPL ingin mendapatkan tampilan wajah glowing," kata Brian Nourian, karyawan Le Jolie. “Mereka ingin warna kulit mereka menjadi rata. Ini juga membantu mencerahkan dan mengencangkan bagian bawah mata agar terlihat cukup istirahat."

Cantika merangkum apa saja yang harus dipersiapkan saat menjalani perawatan IPL Rejuvenation, yuk simak!

Persiapan Sebelum Melakukan Treatment IPL Rejuvenation

Sebelum melakukan perawatan IPL Rejuvenation, kita diminta menghindari paparan sinar matahari, termasuk tanning bed, berjemur tanpa menggunakan sunscreen, dan menggunakan tanning spray.

Pasalnya, kulit berwarna kecoklatan berisiko memberi efek samping yang lebih tinggi.

Kita juga disarankan berhenti menggunakan bahan skincare yang berpotensi mengiritasi kulit seperti retinol, retinoid, atau toner tiga hari sebelum melakukan treatment IPL Rejuvenation.

Sebelum perawatan, Anda juga diminta untuk menghapus riasan, tabir surya, dan pelembab dari area kulit tertentu, karena IPL harus dilakukan pada kulit yang benar-benar bersih.

Prosedur IPL Rejuvenation

Caitlin Burnett menjelaskan, IPL Rejuvenation hanya memakan waktu sekitar 10 menit dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Saat memulai IPL, perawat akan menutupi wajah dengan lapisan tebal gel dingin. Hal ini berfungsi sebagai penghalang kulit pasien dan gelombang cahaya.

Kemudian, Caitlin diminta memakai kacamata dan melakukan beberapa tes pada rahang kanan untuk mengukur toleransi rasa sakit dan sensitivitas kulit.

Perawat lalu menaikkan level mesin IPL pada setiap pengujian, dan setelah tiga pengujian, hasilnya kulit Caitlin dapat menoleransi level yang lebih tinggi.

Ia mengungkapkan, ada beberapa variasi yang aman untuk memulai, dan Caitlin merasa nyaman dengan bagian tertinggi dari bagian tersebut. Setelah level dipilih, prosedur pun dimulai.

Perawat mengawali dengan bagian sisi kanan wajah Caitlin dan menandai titik pertama dengan kilatan cahaya sepersekian detik. IPL Rejuvenation kemudian dilanjutkan ke area kulit wajah yang diinginkan.

Setelah Perawatan IPL Rejuvenation

Caitlin merasa kulit wajahnya terasa sedikit panas dan berwarna kemerahan karena gelombang cahaya IPL Rejuvenation.

Ia mengaku memiliki jenis kulit sensitif serta mudah memerah, sehingga lebih berat daripada seseorang dengan kulit normal.

Praktisi perawat memberi Caitlin kompres es untuk dipegang di wajah untuk mendinginkan rasa panas di pipinya.

10 menit kemudian, kemerahan dan rasa panas di wajahnya pun berkurang.

Lebih lanjut, Caitlin mengoleskan tabir surya ke seluruh kulit yang baru saja menjalani perawatan peremajaan kulit IPL Rejuvenation untuk melindungi dari paparan sinar matahari saat perjalanan pulang.

Ia juga diminta menghindari sinar matahari langsung selama dua minggu ke depan.

Manfaat IPL Rejuvenation

Merangkum dari website resmi Siloam Hospital, IPL Rejuvenation memanfaatkan spektrum panjang gelombang cahaya untuk membuat kulit berdenyut secara singkat.

Cahaya tersebut akan menyerap pigmen berlebih pada kulit agar dapat membantu mengembalikan dan meratakan warna kulit.

Selain itu, IPL juga membantu merangsang produksi kolagen sehingga dapat membantu meremajakan kulit dan mengatasi masalah jerawat.

Nah, itu dia prosedur hingga manfaat perawatan IPL Rejuvenation. Tertarik mencobanya, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Mengulik Rutinitas Skincare Pakai Emina, Cocok untuk Kulit Remaja

WHO WHAT WEAR | WEBMD | SILOAM HOSPITAL

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."