5 Langkah Mudah untuk Mencegah Komedo Muncul di Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi perawatan komedo. shutterstock

Ilustrasi perawatan komedo. shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hampir setiap orang memiliki komedo yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat kotoran, serta sebum yang berlebihan terutama pada masa pubertas. Selain itu perubahan hormon juga menyebabkan komedo dan bentuk lain dari jerawat.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit, 5 Cara Mudah Membersihkan Komedo di Hidung

Pada umumnya komedo tidak menyakitkan, tapi bisa menyakitkan jika disertai dengan jerawat dan yang lainnya. Sedangkan sebum membantu menjaga kulit tetap lembut dan lentur. Kelebihan sebum bisa menyebabkan jerawat. Sebum yang berlebihan menutupi pori-pori, komedo whitehead dan blackhead. Kadang-kadang, komedo muncul sangat intens dan mungkin mengharuskan Anda konsultasi ke klinik kecantikan, atau menggunakan scrub buatan sendiri.

Meski begitu, komedo tidak mungkin dihindari. Supaya komedo tidak mudah muncul, membutuhkan sedikit perawatan dan kesabaran. Melansir laman Boldsky, beberapa tips berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah munculnya komedo.

#1. Mengganti sarung bantal
Pastikan mengganti sarung bantal setiap minggu. Sangat penting jika Anda memiliki kulit berminyak, karena minyak dari kulit dapat berkontribusi untuk menarik kotoran bahkan lebih. Bonus tambahan mengubah sarung bantal secara teratur adalah mencegah rambut rontok.

#2. Membersihkan wajah
Gunakan formula yang sangat lembut saat memilih pembersih muka. Pembersih yang mengklaim mencerahkan kulit justru terlalu keras untuk kulit wajah sensitif dan dapat memperburuk masalah.

#3. Make up
Gunakan makeup seminiminal mungkin. Alih-alih menutupi noda-noda hitam di wajah, justru membuat komedo semakin tersumbat. Makeup yang ringan membantu kulit wajah untuk bernapas. Jangan lupa membersihkan makeup sebelum tidur.

#4. Hindari memegang atau memencet
Memencet komedo bukanlah ide yang baik untuk menghilangkannya sementara. Justru akan meninggalkan bekas luka yang membandel dan membuat masalah lebih permanen dari sebelumnya.

#5. Melembapkan kulit
Penggunaan pelembab bisa menjadi ide yang sangat buruk, terutama untuk yang memiliki minyak berbelebihan pada kulit. Tapi, pakai pelembab setelah mencuci muka sangat penting, baik untuk kulit berminyak maupun kering, untuk mengembalikan keseimbangan pH alami kulit. Pastikan menggunakan gel atau pelembab berbasis air sebagai lawan berbasis minyak. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."