Mengenali Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedo merupakan benjolan kecil di wajah yang dapat merusak penampilan. Namun sebelum memencet komedo, Anda harus mengenali jenis komedo terlebih dulu. 

Baca juga: Kiat Membasmi Komedo dengan Kombinasi Baking Soda dan Pore Pack

Dokter kulit Irmadita Citrashanty mengatakan ada dua jenis komedo, yaitu komedo tertutup atau whitehead dan komedo terbuka atau blackhead. "Komedo putih atau whitehead terbentuk karena pori-pori tersumbat minyak, sel kulit mati, debu, riasan, dan sebagainya. Blackhead atau komedo hitam muncul karena pori-pori yang terbuka tersumbat minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri lalu membentuk benjolan-benjolan hitam di kulit,” ujar Irma di Jakarta beberapa waktu lalu.

Cara mengatasinya berbeda, karena kedua komedo itu penyebabnya berbeda. Direktur sekaligus peneliti dermatologi klinik di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Amerika Serikat, Joshua Zeichner, menjelaskan ada beberapa bahan perawatan wajah yang biasa digunakan untuk melawan komedo putih dan hitam. Di antaranya, asam salisilat dan asam beta hidroksi butirat yang berfungsi membuka pori-pori serta melarutkan komedo dalam beberapa minggu. 

“Selain itu, produk perawatan kulit yang mengandung asam glikolat, alpha hidroxy acid (AHA), dan niacinamide juga bisa menghilangkan komedo putih. Namun asam glikolat tidak bisa digunakan setiap hari. Gunakanlah setiap tiga hari sekali pada malam hari sebelum menggunakan krim malam,” ujar Joshua seraya menambahkan ada perawatan tambahan untuk komedo hitam yaitu eksfoliasi kulit. 

Artikel lain: Ampuhnya Kandungan Buah Plum untuk Mencerahkan Kulit

Eksfoliasi kulit adalah pelepasan lapisan luar, misalnya pelepasan epidermis dari kulit. Irma menambahkan, eksfoliasi bisa dilakukan seminggu sekali. “Namun jika sudah terlalu parah komedonya, lakukan peeling untuk mengeluarkan sel-sel kulit mati dan kulit kusam agar tidak menjadi bakal komedo. Selain itu, lakukan facial. Teknik pembersihan ini efektif memaksa komedo keluar dari pori-pori. Facial bisa menghilangkan komedo lebih cepat," tambah Irma.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."