Tips Perawatan Kulit, 5 Cara Mudah Membersihkan Komedo di Hidung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi jerawat/komedo. Shutterstock.com

Ilustrasi jerawat/komedo. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedo di hidung berwarna hitam dapat mengganggu penampilan. Komedo berwarna hitam tersebut atau dikenal dengan istilah blackhead adalah kombinasi antara minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Baca juga: Mengenali Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

"Jika Anda tidak merawat pori-pori Anda, akhirnya kotoran dan minyak akan terakumulasi menjadi komedo, kulit akan terasa kasar dan gatal,” ujar celebrity facialist Cecilia Wong, seperti dilansir dari lamar Self. 

Pori-pori yang kotor dapat mengurangi elastisitas kulit di masa depan. Untuk membersihkan dan mencegah komedo muncul, Anda dapat melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini.

#1. Bersihkan wajah minimal dua kali sehari
Pembersihan dapat mencegah kotoran dan minyak terakumulasi di dalam pori-pori Anda. Bersihkan wajah di pagi hari untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin menempel pada kulit dan di malam hari untuk membersihkan make up dan kotoran yang dipakai sepanjang hari. Jika Anda bekerja di luar, diperlukan pembersihan ketiga, untuk menghilangkan keringat dan minyak dari wajah agar tidak menyumbat pori-pori.

#2. Bersihkan pori-pori yang kotor dengan strip
Strip pori-pori dapat membersihkan komedo dengan cepat, tapi bukan untuk komedo yang sudah terbentuk cukup lama. Strip pori-pori itu seperti plester, menggunakan perekat untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran, tapi hanya untuk memperbaiki kulit sementara.

#3. Eksfoliasi dua kali seminggu untuk memebrsihkan kulit mati
Kulit mati adalah salah satu dari banyak penyebab yang bisa menyumbat pori-pori. Cecilia Wong merekomendasikan eksfoliasi rutin, gunakan waslap bagi yang baru mencobanya, atau pembersih dengan enzim ringan untuk yang pernah mencoba eksfoliasi, serta peeling menggunakan asam glikolat. Dapat juga menggunakan scrub dua kali seminggu, dan tiga kali seminggu untuk kulit berminyak yang rentan berkomedo. Pastikan untuk melembapkan setelah eksfoliasi. "Anda harus melembabkan karena exfoliasi cenderung sangat mengeringkan kulit, jika kulit kering, produksi minyak berlebihan sehingga dapat menyebabkan komedo lebih banyak,” ujar Wong.

#4. Gunakan masker clay atau sleeping mask
Masker yang menggunakan bahan tanah liat dapat membersihkan semua kotoran dari kulit. "Bila Anda sedang tidur, pori-pori Anda terbuka, dan di malam hari, ada kotoran dan kuman di udara," kata Wong. Jika kulit berminyak, gunakan masker tanah liat pada hidung atau zona-T untuk secara khusus menargetkan komedo di daerah itu. Selain masker tanah liat dapat menggunakan yang berbahan arang. Pilihlah formula yang memiliki tanah liat dan banyak bahan pelembab.

#5. Ekstraksi komedo oleh ahli kecantikan
Sebaiknya lakukan ekstraksi komedo dengan gali setiap empat sampai enam minggu. Mereka akan menggunakan alat kecil saat melakukan facial untuk membersihkan kotoran dari pori-pori tanpa merusak kulit.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."