Mengenal Apa Itu Argireline, Manfaat, dan Efek Sampingnya untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal bahan anti-penuaan, ada beberapa pilihan yang dikenal luas. Misalnya, retinol disukai karena kemampuannya meningkatkan pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sedangkan ceramide populer karena sifatnya yang menguatkan dan mengencangkan. Dan, jangan lupakan argireline. Apa itu?

Argireline termasuk dalam kategori peptida (misalnya, Anda mungkin pernah mendengar tentang peptida tembaga dan peptida kolagen) yang memiliki keunggulan berkat sifat anti-kerut dan anti-penuaannya. Argireline adalah bahan pilihan khusus untuk ekspresi kerutan, dan sering digunakan dalam formula perawatan kulit untuk membantu melawan kerutan dinamis. Karena alasan ini, kadang-kadang argireline disebut sebagai bahan “botox perawatan kulit”.  Untuk mengenal lebih jauh argireline, berikut definisi, manfaat, dan efek sampingnya.

Apa itu Argireline?

Argireline hanyalah nama merek untuk peptida tertentu, asetil heksapeptida-3 alias asetil heksapeptida-8. Sebagai pengingat, peptida adalah rantai pendek asam amino, yang merupakan dasar bagi protein, termasuk kolagen dan elastin, menjadikannya penting untuk kulit yang sehat dan awet muda, kata Manish Shah, ahli bedah plastik dan ahli kulit bersertifikat di Denver, Amerika Serikat.

Meskipun berbagai peptida umum digunakan dalam perawatan kulit, peptida yang satu ini berbeda dalam kemampuannya untuk mengurangi pergerakan otot dan kerutan yang menyertainya. Menurut dokter Shah, ini adalah peptida pertama dengan efek yang ditargetkan pada ekspresi kerutan.

“Semua orang mencoba meniru pesaing Botox, dan sejauh ini, argireline adalah salah satu pesaing terbaik,” ucap dokter kulit bersertifikat Rita Linkner dikutip dari Byrdie.

Argireline adalah peptida yang mempengaruhi komunikasi saraf-ke-otot sehingga otot tidak dapat berkontraksi secara memadai. Selain efek melumpuhkan otot, produk ini juga merangsang produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit tetap halus dan bebas kerut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan Argireline dalam produk perawatan kulit. Sebagai permulaan, karena ini adalah nama merek, hanya ada satu laboratorium di Spanyol yang memiliki hak paten atas peptida tersebut. Mereka melisensikan penggunaannya ke berbagai merek, yang sering menggabungkannya dengan bahan anti penuaan lainnya, kata Linkner.

Kedua, formulasi setiap produk akan benar-benar menentukan keampuhannya: “Hanya karena suatu produk mengandung Argireline tidak berarti produk tersebut efektif. Formulasinya sendiri, serta ukuran peptidanya, akan mempengaruhi seberapa dalam peptida tersebut dapat menembus ke dalam kulit,” kata dokter kulit bersertifikat Yoon-Soo Cindy Bae.

Dalam mencari suatu produk, pilihlah yang tidak mengandung alkohol, terutama jika kulit Anda kering. “Argireline mungkin sulit untuk diformulasikan, dan beberapa perusahaan mencampurkan bahan tersebut dengan alkohol, sehingga menghambat fungsi hidrasinya,” kata dokter Shah.

Manfaat Argireline untuk Kulit

Untuk pertarungan terbaik dalam melawan kerutan, pilih peptida ini, yang menargetkan garis-garis dan kerutan mengganggu dengan berbagai cara. Berikut sederet manfaat argireline.

1. Mencegah terbentuknya kerutan dinamis

“Argireline sangat spesifik karena mengganggu kompleks reseptor protein yang membantu menyebabkan pergerakan otot,” kata dokter Bae. Ini berarti mencegah saraf berbicara dengan otot dan menyuruhnya berkontraksi—dan lebih sedikit kontraksi otot menghasilkan lebih sedikit kerutan.

2. Merangsang produksi kolagen

Dengan meningkatkan produksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit, juga membantu mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan.

3. Membantu kulit mempertahankan kelembapan

Argireline juga mengoptimalkan fungsi kolagen, yang bersamaan dengan efek menghaluskan kulit, meningkatkan tingkat kelembapan pada kulit, kata dokter Shah. Dan kulit yang terhidrasi akan selalu terlihat lebih muda dibandingkan kulit kering.

Efek Samping Argireline

Secara umum, tidak ada efek samping yang diketahui dari bahan ini. Namun, jika Anda ingin lebih aman, Anda selalu dapat mengujinya di area kecil selama beberapa hari untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap bahan ini.

Cara Menggunakan Argireline

Peptida ini paling baik untuk aplikasi yang ditargetkan pada tempat-tempat di mana Anda memiliki lipatan dalam atau lipatan yang terbentuk karena gerakan otot yang berulang-ulang, contoh kerutan di sekitar mata Anda, angka '11' di antara alis, dan kerutan di dahi adalah tempat yang ideal. Karena formulasi akhir setiap produk dapat sangat bervariasi, ikuti petunjuk produk mengenai seberapa sering penggunaannya.

Pilihan Editor: 4 Langkah Perawatan Kulit Mendapatkan Glass Skin

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."