Ketahui Penyebab Komedo Hitam beserta Cara Menghilangkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

Ilustrasi blackheads/komedo hitam. Healthcuretips.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa komedo hitam, yang merupakan salah satu jenis jerawat, menyerang hampir semua orang pada suatu saat dalam hidup. Bahkan selebritas dengan semua fasilitas perawatan kulit di dunia pun pernah alaminya. Jadi jika wajah Anda dipenuhi bintik-bintik hitam kecil, berikut beberapa cara menghilangkan komedo hitam menurut ahli.

Penyebab Komedo Hitam

Komedo hitam terjadi ketika folikel rambut halus di wajah, leher, dada, dan punggung biasanya terisi dengan minyak kulit seperti sebum, sel-sel mati, dan bakteri P. acnes, kata dokter kulit kosmetik bersertifikat dan ahli bedah Dendy Engelman.

“Ketika folikel rambut tersumbat, ia membentuk sumbat keratin yang dikenal sebagai komedo,” kata dokter kulit bersertifikat Tracy Evans, direktur Pacific Skin and Cosmetic Dermatology di San Francisco dikutip dari Pop Sugar, Sabtu, 20 April 2024.

Komedo hitam termasuk dalam spektrum jerawat dalam hal tingkat keparahan jika dibandingkan dengan kista, menurut dokter kulit bersertifikat Naana Boakye. Sementara itu, komedo putih dianggap sebagai komedo tertutup karena terdapat kulit yang menutupinya, sedangkan komedo hitam disebut komedo terbuka. Padahal, paparan udara inilah yang membuat sampah yang terperangkap di dalamnya teroksidasi dan berubah menjadi hitam.

Cara Mengatasi Komedo Hitam

Menurut dokter Boakye, ada dua tahap dalam proses mengatasi komedo hitam yaitu menghilangkan dan merawat kulit. Porsi menghilangkan seringkali paling berhasil bila dilakukan secara kimia dengan resep Retinoid, seperti Retin-A yang akan melonggarkan kotoran yang terperangkap sehingga itu bisa terkelupas oleh obat.

“Saya menyukai Retinoid karena tidak hanya membantu mengatasi jerawat, tetapi juga mengatasi masalah garis halus dan pigmentasi,” kata dokter Boakye. "Tetapi itu adalah sebuah perjalanan. Kadang-kadang dibutuhkan waktu enam bulan untuk melihat hasilnya, tapi bertahanlah."

Produk lain untuk mengatasi komedo termasuk asam, yang terkenal dapat membantu mengatasi penyebab jerawat. "Saya sangat suka menggunakan asam salisilat dan asam glikolat. Keduanya merupakan bahan yang luar biasa, dan membantu menjaga pori-pori Anda tetap bersih," kata Crystal Koro, ahli kecantikan selebriti dan pendiri Crystal Clear Skin & Beauty di Los Angeles.

Perlu diingat, Anda harus menghilangkan sel kulit mati itu sehingga serum dan pelembap Anda benar-benar dapat menembus dibandingkan hanya duduk di atas tumpukan kulit mati.

Setelah Anda berhasil mengatasi komedo Anda, ada baiknya Anda terus mempertahankan apa yang telah Anda capai. Ini adalah langkah kedua dalam rejimen mengatasi komedo hitam.

Untuk bagian perawatan, dokter Boakye merekomendasikan untuk fokus pada perlindungan penghalang kulit atau skin barrier untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan pembersih lembut setiap hari dan diikuti dengan pelembap bebas minyak. Dokter Engelman juga suka menerapkan pengelupasan kulit sebulan sekali untuk pemeliharaan menghilangkan kotoran dan mengurangi visibilitas pori-pori. Dan selalu, selalu gunakan tabir surya bebas minyak.

Pilihan Editor: Perbedaan Komedo Hitam dan Putih, Penyebab, Serta Cara Menghilangkannya

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."