Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

kecantikan

6 Urutan Skincare Pagi Menurut Dokter: Toner Dulu, Baru Pelembap

Rabu, 12 Oktober 2022 10:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apa saja urutan skincare pagi Anda? Menurut Ashley Magovern, dokter kulit dan pemilik serta pendiri Manhattan Dermatology di Manhattan Beach, California, Amerika Serikat, ada tiga langkah rutin yang wajib dilakukan, yaitu membersihkan, merawat, dan melembapkan.

Anda mungkin sudah tahu bahwa membersihkan berarti mencuci muka, melembapkan berarti menghidrasi kulit, tetapi apa yang dimaksud dengan merawat? Selain menjaga kulit Anda dalam kondisi prima, tujuan dari setiap rutinitas perawatan kulit yang baik adalah untuk menargetkan area bermasalah.

Jadi, merawat berarti menggabungkan serum atau krim yang dikemas dengan bahan perawatan kulit yang bermanfaat seperti vitamin C, retinol, asam alfa hidroksi dan lainnya, tergantung pada jenis kulit Anda dan hasil yang ingin Anda lihat, jelas Dr Magovern.

"Menambahkan langkah tengah di antara komponen pembersih wajah dan pelembap sangat penting," kata Dr. Magovern. "Ini dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu dan dalam kesehatan, penampilan, dan penuaan kulit Anda."

Untuk mendapatkan hasil optimal dari setiap skincare yang rutin diaplikasikan, dokter Margovern mengatakan seringkali dibutuhkan setidaknya tiga hingga empat bulan untuk mengetahui apakah rutinitas baru Anda benar-benar berhasil.

Berikut, rutinitas skincare pagi, termasuk langkah-langkah dasar yang harus ada di setiap rejimen di rumah untuk kulit berminyak, kering, kombinasi, atau rentan jerawat.

1. Pembersih Wajah

Pembersihan wajah harus menjadi langkah pertama dalam setiap rutinitas perawatan kulit, karena membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan kulit kusam. Tapi lakukan secara lembut.

“Terlalu banyak orang membersihkan wajah terlalu sering, menggunakan pembersih dengan kandungan terlalu keras, ataupun gerakan yang agak kasar sebenarnya akan merusak pelindung kulit Anda,” kata Dr. Magovern. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah mencuci wajah hanya di malam hari dan bilas wajah Anda dengan air di pagi hari.

Formula terbaik akan membersihkan kulit Anda dengan lembut tanpa menghilangkan minyak sehatnya.

“Pembersih bebas sulfat dan sabun yang [baik] untuk wajah akan memiliki pH seimbang dan lembut untuk menjaga penghalang kulit tanpa pengelupasan,” kata Whitney Bowe, dokter kulit New York City dan penulis The Beauty of Dirty Skin.

Pilihan Pembersih Wajah sesuai Jenis Kulit Wajah

- Kulit berminyak: Pembersih berbusa atau gel akan memastikan pembuangan kotoran dan minyak berlebih dari kulit Anda; bahan-bahan seperti niacinamide dan asam salisilat dapat membantu mengatur dan menghilangkan minyak berlebih.

- Kulit rentan jerawat: Pembersih berbusa lembut dengan bahan pelawan jerawat seperti asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida atau belerang adalah pilihan terbaik Anda.

- Kulit kering: Carilah formula krim atau balsem dengan bahan-bahan yang menghidrasi seperti ceramide, gliserin, asam hialuronat, dan minyak nabati.

- Kulit sensitif: Cobalah micellar water, pembersih ultra lembut yang mengandung partikel kecil yang disebut misel yang menjebak kotoran dan mengangkatnya tanpa mengeringkan kulit Anda dalam prosesnya.

2. Toner

Toner adalah cairan perawatan kulit berbasis air yang dioleskan ke kulit kering setelah pembersihan wajah menggunakan jari, bola kapas atau kain, dan sebelum menggunakan perawatan kulit seperti serum dan pelembap. Toner yang baik dapat membantu memastikan kulit Anda benar-benar bersih dan bebas kotoran, plus memberikan dosis ekstra bahan aktif.

Mengaplikasikan toner menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan kulit, menghilangkan sisa kotoran dan menyeimbangkan pH, kata Dr. Magovern. Dan jika Anda mencari manfaat tambahan untuk memurnikan dan mencerahkan kulit, toner saat ini jauh lebih canggih daripada formula berbasis alkohol dan zat yang mengeringkan dahulu kala, dikemas dengan manfaat meningkatkan kulit yang dapat membuat Anda bersinar.

Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

Pilihan Toner sesuai Jenis Kulit Wajah

- Jika Anda memiliki kulit berjerawat, carilah toner dengan asam hidroksi, termasuk asam salisilat dan asam laktat, yang dapat meningkatkan pergantian sel.

- Untuk kulit kering atau sensitif, carilah toner yang menghidrasi atau essens yang dibuat tanpa alkohol dan dengan bahan-bahan seperti gliserin dan asam hialuronat untuk menenangkan.

- Untuk kulit kombinasi, carilah exfoliant yang lembut, booster hidrasi dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan teh hijau, yang dapat memerangi radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit.

- Bagi pemilik kulit berminyak, cari astringents, seperti alkohol atau witch hazel, yang mengencangkan pori-pori.

3. Serum

Serum yang disesuaikan dengan masalah kulit Anda dapat merawat dan melindungi, serta mengatasi sejumlah masalah kulit, mulai dari kerutan hingga bintik hitam. Jika Anda memiliki banyak masalah, Anda dapat menggunakan beberapa formula serum yang berbeda. Tetapi Anda harus membaca labelnya dengan cermat, karena beberapa serum paling baik digunakan di pagi hari, sementara yang lain ideal untuk malam hari.

Serum apa yang bisa dimanfaatkan semua orang di pagi hari? Jawabannya adalah serum antioksidan yang berkhasiat mencegah pembentukan radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dari waktu ke waktu.

“Setiap orang harus menggunakan vitamin C, berapa pun usianya,” kata Dr. Magovern. "Ini membantu membalikkan banyak kerusakan kulit yang kita dapatkan dari matahari dan polusi."

Untuk warna kulit yang lebih gelap, hiperpigmentasi bisa menjadi masalah umum, dan menggunakan serum vitamin C di pagi hari juga dapat membantu mengurangi bintik hitam, kata Jennifer David, dokter kulit di Philadelphia dan pendiri Skin & Scripts Virtual Dermatology.

Selain serum antioksidan, Anda dapat mencoba serum anti-penuaan yang mengandung bahan-bahan berikut untuk mengatasi kerutan, garis halus, dan lainnya:

- Asam hialuronat untuk menarik kelembapan ke dalam kulit, melawan kekeringan dan kulit kusam, serta membuat kulit kenyal.

- Niacinamide, suatu bentuk vitamin B3 yang mencerahkan dan meratakan warna kulit, meningkatkan produksi kolagen dan menenangkan peradangan.

- Retinoid untuk merangsang pergantian sel untuk meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerutan dan hiperpigmentasi (paling baik digunakan pada malam hari!).

- Peptida, terbuat dari asam amino, adalah bahan pembangun kolagen dan dapat meningkatkan produksinya untuk menghaluskan garis dan meningkatkan kekencangan kulit.

4. Krim Mata

Krim mata berbeda dari krim wajah karena diformulasikan secara khusus untuk area mata yang sensitif. Perlu diketahui, area ini sensitif dan menua lebih cepat daripada bagian wajah lainnya. Oleh karena itu, krim ini juga termasuk dalam kategori "perawatan".

Untuk mengurangi lingkaran hitam, carilah niacinamide atau vitamin C; dan untuk atasi kantung mata, gunakan formula dengan kafein, saran Marnie Nussbaum, dokter kulit di New York City dan instruktur klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College.

Untuk kerutan dan kendur, carilah krim mata dengan peptida dan retinol. Akhirnya, "vitamin K dapat membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata dan asam hialuronat dengan hidrasi," kata Deanne Mraz Robinson, dokter kulit di Westport, CT dan asisten profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine.

Saat mengoleskan krim mata di pagi dan malam hari, ketuk ringan pada formula yang ditargetkan untuk masalah area mata Anda. Gunakan jari manis Anda (paling lemah) untuk menghindari menarik kulit halus dan menyebabkan kerusakan.

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

5. Pelembap

Berikutnya adalah pelembap wajah, yang menjaga kulit Anda tetap lembut dan terhidrasi serta membantu memperkuat penghalangnya. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah pelembap yang lebih ringan di siang hari, seperti losion atau gel yang akan meresap dengan cepat dan tidak akan menumpuk di bawah riasan.

Jika kulit Anda lebih kering, cobalah formula yang lebih kental, seperti krim.“Cari bahan-bahan seperti ceramide atau asam hialuronat, karena bahan-bahan ini adalah bahan pembangun retensi kelembapan di kulit,” jelas Dr. David.

Pilihan Pelembap sesuai Jenis Kulit Wajah

- Kulit kering: Krim kaya yang dikemas dengan emolien, humektan, ceramide, dan oklusif adalah kunci untuk mengatasi kekeringan.

- Kulit berminyak atau berjerawat: Carilah losion ringan atau formula berbasis gel berlabel non-komedogenik atau bebas minyak.

- Kulit sensitif: Carilah formula yang hypoallergenic dan bebas dari iritasi potensial, seperti wewangian dan alkohol.

6. Tabir surya

Para ahli kulit setuju bahwa tabir surya adalah langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, untuk setiap jenis dan usia kulit. “Jika Anda tidak memakai tabir surya, Anda mungkin juga tidak melakukan langkah-langkah lain,” kata Dr. Magovern.

"Matahari adalah alasan nomor satu kulit menua sebelum waktunya," jelasnya.

Oleskan tabir surya SPF 30 spektrum luas atau lebih tinggi seukuran nikel sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit pagi Anda, termasuk di leher dan punggung tangan Anda, 30 menit sebelum Anda pergi keluar. Jika Anda ingin meminimalkan langkah-langkah dalam rutinitas Anda untuk membuat segalanya lebih mudah, Anda dapat menggunakan pelembap harian plus SPF daripada menerapkan pelembap dan SPF secara terpisah.

Ada Dua Jenis Formula Tabir Surya

- Tabir surya kimia dibuat dengan bahan kimia seperti avobenzone dan homosalate, yang menyerap sinar ultraviolet yang bersentuhan dengan kulit.

- Tabir surya fisik (alias tabir surya mineral) mengandung bahan mineral seperti seng oksida dan titanium dioksida, yang memantulkan sinar ultraviolet atau UV dari kulit.

Beberapa formula SPF mencakup bahan kimia dan fisik. Jika Anda memiliki kulit sensitif, dokter kulit umumnya merekomendasikan tabir surya mineral dan seng-oksida murni untuk kulit sensitif. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, carilah formula gel non-komedogenik, dan bebas minyak. Jika Anda memiliki kulit kering, hindari tabir surya semprot atau gel dengan alkohol. Orang dengan warna kulit lebih gelap mungkin lebih baik memilih tabir surya kimia untuk menghindari lapisan putih atau white cast dari beberapa formula fisik.

Jangan lewatkan rutinitas skincare pagi sebelum memulai aktivitas ya, Sahabat Cantika. Ingat, merawat diri juga bagian dari self-love.

GOOD HOUSEKEEPING

Baca juga: 3 Hal Dasar dalam Perawatan Kulit Harian, Apa yang Sering Terlewat olehmu?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika