Mengenal Apa Itu Exosome, Manfaat, dan Cara Kerjanya

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu penemuan perawatan kulit yang paling banyak dibicarakan akhir-akhir ini adalah eksosom atau exosome. Komunikator kecil ini dikatakan melakukan segalanya mulai dari meningkatkan prosedur di klinik kecantikan hingga mengurangi peradangan dan bahkan menumbuhkan rambut. Vesikel yang terbentuk secara alami pernah diabaikan, namun karena sel punca alias stem cell telah menjadi topik hangat, "sepupunya" pun mencuri perhatian.

Untuk mengetahui informasi tentang exosom, termasuk cara kerjanya, manfaatnya, dan mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkannya, berikut penjelasan ahli.

Apa itu Exosome?

Exosome adalah vesikel ekstraseluler mikroskopis yang diproduksi di dalam tubuh dan disekresikan oleh sel-sel kulit. Obat ini dapat digunakan bersamaan dengan perawatan kulit di klinik atau sebagai bagian dari rangkaian perawatan kulit topikal.

“[Exosome] berkomunikasi dengan sel kulit untuk meningkatkan regenerasi sel dan memberi sinyal pada fungsi tertentu, seperti memproduksi lebih banyak kolagen dan penyembuhan luka,” kata Yannis Alexandrides, ahli bedah plastik bersertifikat Amerika dan Eropa dan pendiri 111 Skin dikutip dari Byrdie.

Karena exosome mengandung berbagai protein, RNA, faktor pertumbuhan, dan sinyal dari sel punca yang diaktifkan, Garshick mengatakan bahwa eksosom dapat membantu memperoleh respons dalam sel target dan membantu komunikasi sel.

“Potensi terapeutik eksosom terutama berkaitan dengan kualitas anti-inflamasinya, yang merupakan salah satu mekanisme utama—mungkin mekanisme kunci—yang melaluinya terapi sel induk bekerja,” kata Charlene DeHaven, Direktur Klinis Innovative Skincare.

“Selain itu, sel punca tidak mungkin masuk ke dalam kulit tanpa sayatan atau suntikan, sedangkan exosome mengandung molekul yang lebih kecil yang berpotensi dapat dikirimkan.”

Lantas, mengapa exosome menjadi populer? DeHaven mengatakan industri perawatan kulit mengikuti jejak ilmu kedokteran, dan penemuan dalam penelitian sel punca telah menarik perhatian masyarakat. “Saat sel punca menjadi topik hangat, exosom dibahas sebagai mekanisme kerja sel punca, sehingga mereka menjadi populer,” ujarnya.

“Namun, bahkan di bidang kedokteran, penelitiannya masih dalam tahap awal dan bahkan lebih awal di bidang perawatan kulit,” katanya.

Manfaat Exosome

Dalam bentuk sintetis, exosome berasal dari trombosit dan sel induk mesenkim, yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, termasuk membangunkan sel-sel kulit, mengurangi peradangan, memperbaiki dan meremajakan sel-sel kulit tua yang lelah.

Dokter Alexandrides menambahkan bahwa exosome juga diketahui meningkatkan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah di kulit) dan meningkatkan fungsi fibroblas dan keratinosit, sel utama yang ditemukan di kulit.

Menurut dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick, penggunaan exosome secara kosmetik dapat membantu regenerasi dan perbaikan sel kulit dengan membantu mentransfer konten dan sinyal.

Exosome juga dapat membantu kondisi medis kulit tertentu, seperti dermatitis atopik, dengan mengurangi peradangan,” katanya.

DeHaven mengatakan potensi anti-inflamasi inilah salah satu pemicu popularitas exosome kian meningkat. Seperti diketahui, proses peradangan mendorong proses penuaan.

“Penuaan adalah proses pro-inflamasi, begitu pula kerutan, sengatan matahari, kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea, serta perawatan di klinik,” katanya.

Itulah salah satu alasan dokter kulit Anda mungkin menggunakan exosome setelah laser atau microneedling. Sebab exosome akan membantu meningkatkan efek pengobatan sekaligus mempercepat masa pemulihan untuk meningkatkan penyembuhan luka, sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah, halus, lembut, dan kencang. Anda dapat melihat perubahan pada kulit segera setelah enam minggu setelah perawatan exosome.

Di halaman selanjutnya, cara penggunaan exosome dalam perawatan hingga produk perawatan kulit.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."