Tips Pilih Pelembap, Hindari Hydroquinone, Silikon, dan 3 Kandungan Lainnya

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Self)

kecantikan

Tips Pilih Pelembap, Hindari Hydroquinone, Silikon, dan 3 Kandungan Lainnya

Kamis, 6 Agustus 2020 09:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak pernah bosan kita diingatkan untuk jeli membaca kandungan pada label makeup atau kosmetik. Tujuannya menjaga kesehatan kulit terhindar dari bahan-bahan berbahaya. Contohnya pelembap, saat memilihnya ada sejumlah bahan beracun yang wajib kita hindari seperti pencerah kulit hingga silikon. Agar fungsinya yang melembapkan, mengisi kulit dengan mineral alami dan vitamin, serta memastikan kulit segar sepanjang hari dapat dirasakan.

Tips pilih pelembap, hindari lima bahan beracun ini seperti dikutip dari laman Pink Villa pada Rabu, 5 Juli 2020

1. Minyak Mineral

Bahan ini tampaknya sangat sehat dan telah digunakan dalam bahan perawatan kulit selama lebih dari satu dekade. Selain dikaitkan dengan keracunan organ, minyak ini juga dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan berjerawat dan masalah kulit lainnya.

2. Paraben

Salah satu pengawet yang paling kontroversial, paraben kerap dikaitkan dengan kanker payudara. Sekarang, semakin banyak perusahaan yang memilih produk bebas paraben. Nama-nama umum produk ini antara lain metilparaben, etilparaben, propilparaben atau apa pun dengan paraben sufiks.

3. Hydroquinone

Dikenal sebagai pencerah kulit, hydroquinone merupakan salah satu yang paling kontroversial. Di beberapa negara, bahan ini sudah dilarang untuk kosmetik, tapi masih bisa dijumpai dalam beberapa produk perawatan kulit atau skincare terutama yang ilegal. Bahan ini dikaitkan dengan iritasi dan hiperpigmentasi kulit, bahkan bisa ditemukan dalam aliran darah setelah penggunaan jangka panjang.

4. Silikon siklik

Silikon dikenal dapat membuat kulit dan rambut terlihat berkilau serta terasa halus dan halus. Namun, bahan ini tidak disarankan karena alasan keamanan dan lingkungan.

5. Pewarna buatan

Hampir semua pewarna buatan dapat mengiritasi kulit. Bahan ini ada hampir pada setiap produk perawatan kulit, meski sebenarnya tidak memiliki kegunaan. 

MILA NOVITA