Ada 3 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah, Kata Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dipuji karena kemampuannya yang menenangkan dan menghidrasi, lidah buaya adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk wajah. Faktanya, banyak produk perawatan kulit wajah mengandung lidah buaya dalam formulanya.

“Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, termasuk melembapkan, meredakan peradangan, mengurangi jerawat, dan mempercepat penyembuhan,” kata Mona Foad, dokter kulit bersertifikat dan pendiri MONA Dermatology dikutip dari Real Simple, Selasa, 23 April 2024.

Seperti halnya produk apa pun, dokter Foad merekomendasikan untuk melakukan uji tempel untuk memastikan Anda tidak memiliki reaksi alergi atau kepekaan terhadap tanaman tersebut. Hal ini sangat penting terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau reaktif.

“Oleskan sedikit gel lidah buaya ke area kecil kulit Anda, seperti bagian dalam pergelangan tangan atau siku, dan tunggu 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi buruk sebelum mengoleskannya ke wajah Anda,” katanya.

“Jika Anda sensitif, mengoleskan lidah buaya bisa menyebabkan kemerahan, rasa terbakar, atau ruam,” ucapnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Lidah buaya mempunyai segudang manfaat untuk kulit. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa masuk akal untuk memasukkan bahan alami ini ke dalam perawatan kecantikan Anda.

- Menenangkan ruam, iritasi, dan peradangan.

- Lidah buaya kaya antioksidan dengan vitamin A, C, dan E, yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

- Kualitas anti-inflamasi membantu meredakan luka bakar dan kemerahan dengan segera.

- Melembapkan dan montok tanpa terasa berminyak.

- Mengatasi jerawat berkat sifat anti-bakteri dan menenangkannya.

- Mempromosikan penyembuhan luka dan dapat membantu mempercepat proses pemulihan luka, luka bakar, dan cedera ringan lainnya.

- Dapat mengencangkan tampilan pori-pori dan membuat kulit terasa lebih halus berkat efek astringennya.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah

Anda dapat menggunakan lidah buaya pada kulit dengan tiga cara berbeda, yakni diaplikasikan langsung dari tanamannya, dicampur ke dalam resep DIY, atau sebagai bagian dari produk kecantikan yang telah diformulasikan sebelumnya.

1. Diterapkan secara Langsung

“Lidah buaya langsung dari tanamannya adalah yang paling efektif,” kata Erica Marie Gatt, ahli kecantikan dan pendiri EM Skin. Anda dapat memotong sepotong kecil dari ujung tangkai, lalu memeras cairan langsung dari tanaman, dan mengoleskannya sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa memerasnya sebanyak yang Anda bisa, lalu menyimpannya dalam stoples di kulkas atau freezer untuk suguhan ekstra menenangkan. Metode ini memastikan Anda menggunakan lidah buaya yang murni dan alami tanpa bahan tambahan atau pengawet apa pun.

2. Dicampur Menjadi Resep DIY

Dalam hal resep perawatan kulit DIY dengan lidah buaya. Anda dapat memerasnya ke dalam lulur DIY untuk menenangkan saat Anda melakukan eksfoliasi, menambahkan sedikit vitamin C untuk membuat serum antioksidan sendiri, atau menggabungkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan satu sendok makan madu untuk masker wajah yang menenangkan dan menghilangkan jerawat.

3. Produk Kecantikan yang Diformulasikan

Banyak produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya sebagai bahan utamanya karena sifat bahannya yang menenangkan dan menghidrasi. Ini bahkan mungkin bukan bahan “unggulan”, tetapi tetap disertakan dalam campuran.

Pilihan Editor: Tips Mengobati Jerawat Secara Alami dengan Lidah Buaya

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."