Ilustrasi buah angggur. Foto: Pixabay.com/Nickype11

kuliner

Cara Menyimpan Buah Anggur agar Tahan Lama, Pilih Wadah Berventilasi

Kamis, 6 April 2023 19:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apa pun jenisnya, buah anggur bisa menjadi camilan yang enak dan bergizi tentunya. Untuk mendapatkan buah anggur berkualitas, pilihlah yang kencang, montok, dan melekat pada batangnya. Jika anggur lepas berguling-guling di bagian bawah, itu pertanda anggur lebih cepat busuk. Anda juga harus menghindari anggur yang berjamur, berair, dan layu di batangnya. Namun, jika Anda melihat lapisan keputihan pada seikat anggur, tidak apa-apa. Itu disebut "mekar", yang merupakan zat alami yang melindungi anggur dari kehilangan kelembapan. Lantas, bagaimana cara menyimpan buah anggur yang tepat?

Berikut cara menyimpan buah anggur utuh maupun potong yang perlu kamu ketahui.

Cara Menyimpan Buah Anggur Utuh

Pernahkah Anda masuk ke dapur seseorang dan melihat semangkuk besar anggur yang indah di atas meja? Ternyata cara penyimpanan tersebut dapat membuat anggur kehilangan kelembapan dan kerenyahannya.

Sebagai gantinya, anggur utuh harus dicuci, dikeringkan, dan kemudian disimpan dalam wadah berventilasi baik di laci kulkas Anda. Ini akan memungkinkan buah anggur bertahan hingga tiga minggu.

Anda sebaiknya menghindari memasukkannya ke dalam wadah kedap udara atau kantong plastik, karena itu mencegah sirkulasi udara. Anda juga dapat menyimpan anggur utuh di dalam kantongnya jika Anda tidak memiliki wadah penyimpanan makanan yang tepat.

Cara Menyimpan Buah Anggur Potong

Jika Anda memiliki sisa potongan anggur, Anda tidak perlu membuangnya dulu! Buah anggur potong dapat disimpan dalam wadah kedap udara di kulkas hingga 48 jam. Jika Anda melihat pinggirannya mulai mengering dan kecokelatan, tidak apa-apa — masih aman untuk dimakan.

Gunakan sisa potongan anggur sebagai topping yogurt atau oatmeal, atau sebagai camilan seukuran gigitan.

Bisakah Membekukan Anggur?

Ya, Anda bisa membekukan anggur. Untuk membekukan, cukup bilas dan keringkan anggur Anda dan sebarkan di atas loyang berlapis. Masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam atau semalaman, dan setelah beku, Anda dapat memasukkannya ke dalam wadah penyimpanan agar mudah diakses. Pastikan anggur Anda tidak menggumpal di atas loyang, jika tidak anggur akan membeku bersama.

Pilihan Editor: Makan Anggur, Jangan Buang Bijinya. Ini Alasannya

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika