Tips Menyimpan Susu di Kulkas yang Benar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi susu. Foto: Pixabay.com/pezibear

Ilustrasi susu. Foto: Pixabay.com/pezibear

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan Food & Travel kali ini, kita mengulik tips menyimpan susu di kulkas. Sama seperti oven, kulkas memiliki titik panas dan titik dingin. Hal ini bisa memengaruhi kualitas dan umur panjang makanan dan minuman Anda, termasuk susu.

Perlu kita ingat bersama, tempat terburuk menyimpan susu di kulkas adalah di bagian pintu kulkas karena tempat terhangat. Bayangkan saja, setiap kali Anda membuka pintu kulkas, Anda menyeret semua yang disimpan di sana ke ruangan yang mungkin paling panas di rumah Anda. Suhu yang lebih hangat dan fluktuasi yang sering terjadi dapat membuat makanan berisiko rusak, terutama susu dan krim.

Suhu yang lebih hangat dapat membuat cairan mengental sebelum Anda dapat meminum susu. Demikian pula, bakteri yang berpotensi berbahaya tumbuh pada suhu yang lebih hangat. Semakin lama susu terkena panas dapur, semakin cepat pula bakteri berkembang biak.

Jadi, simpanlah susu di bagian belakang rak kulkas dekat bagian tengah atau bawah. Udara panas naik, sehingga rak atas mungkin lebih hangat beberapa derajat dibandingkan rak bawah.

Tips Menyimpan Susu agar Tahan Lama

Berhati-hatilah dalam melindungi susu dari suhu hangat sepanjang Anda meminumnya dapat membantunya bertahan lebih lama dan terasa lebih enak hingga tetes terakhir.

1. Susu diambil terakhir saat belanja

Selesaikan semua belanjaan Anda, lalu mampirlah ke bagian susu untuk mengambil susu favoirt sebelum Anda menuju ke kasir. Dengan cara ini, susu akan memiliki lebih sedikit waktu untuk terkena udara hangat dan kecil kemungkinannya untuk mulai menumbuhkan bakteri berbahaya.

2. Simpan susu pada suhu terbaik 

Suhunya sekitar 37°F. Semakin dekat suhu makanan ke 40°F, semakin besar kemungkinan bakteri berbahaya mulai tumbuh dan berkembang biak.

3. Simpan susu di bagian belakang rak kulkas bagian bawah

Di situlah suhu terdingin di lemari es Anda, yang merupakan tempat ideal untuk menyimpan susu.

4. Segera kembalikan susu ke kulkas

Jangan biarkan susu tergeletak di meja makan atau meja dapur saat Anda makan sereal pagi atau makan pancake dan bacon. Setelah menuangkan susu ke gelas untuk dikonsumsi, segera masukkan kembali susu ke tempatnya.

5. Segera tutup pintu kulkas

Berdiri di depan kulkas dengan pintu terbuka saat Anda mencari inspirasi camilan atau makan malam adalah kabar buruk bagi semua makanan dan minuman yang ada di kulkas Anda. Sebab langkah itu bisa membuat suhu tidak stabil dan aman.

Pilihan Editor: 5 Bahan yang Cocok Ditambahkan ke Susu agar Gizi Lebih Optimal

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."