9 Manfaat Makan Buah Anggur, Menyehatkan Otak dan Bikin Kulit Lebih Bercahaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari semua buah yang dapat Anda temukan, anggur mungkin memiliki salah satu sejarah terkaya di antara buah-buahan tersebut. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa budidaya buah anggur (juga dikenal dengan nama latinnya Vitis vinifera L.), sudah ada sejak 6500 SM di Timur Tengah, dengan mitologi budaya percaya bahwa buah anggur ini melambangkan kesuburan dan kelimpahan. Popularitas anggur segera menyebar seperti api di seluruh dunia, terutama didorong oleh pembuatan minuman anggur.

Buah bulat ini secara teknis adalah buah beri, bertelur dari tanaman merambat abadi Vitis vinifera, yang lengan kayunya dapat naik hingga setinggi 12 kaki. Ada begitu banyak jenis anggur untuk dinikmati, dari hijau, biru, ungu, merah, merah muda, bahkan rasa permen kapas. Profil rasa dari anggur juga bervariasi dari asam hingga manis. Beberapa cocok untuk ngemil dan memasak, sementara yang lain paling baik digunakan dalam produksi anggur. 

Selain rasanya yang menggiurkan, mungkin salah satu aspek yang paling memikat dari anggur adalah banyaknya manfaat kesehatan. Berikut ini sederet manfaat makanbuah anggur yang perlu kamu ketahui.

1. Kaya Antioksidan

Anggur kaya kandungan vitamin C dan senyawa tumbuhan termasuk resveratrol, quercetin, dan anthocyanin. Semua mikronutrien ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, mengurangi peradangan dan bertahan melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Faktanya, satu ulasan tahun 2016 tentang bukti saat ini menemukan anggur sangat efektif dalam mencegah kanker, berkat profil nutrisinya yang unik. Resveratrol adalah agen anti-kanker spektrum luas yang mapan, menangani lusinan jenis diagnosis ini, dari kanker otak dan saluran pencernaan hingga kanker tiroid dan tulang. Quercetin juga membantu menghilangkan sel kanker melalui berbagai mekanisme dalam pertumbuhan sel dan siklus metabolisme.

Dan, tentu saja, kita tidak bisa melupakan antosianin yang menghambat pertumbuhan sel kanker, menyebar, bahkan membalikkan resistensi obat sel kanker sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap kemoterapi.

2. Menyehatkan Mata

Buah anggur juga mengandung fitonutrien lutein dan zeaxanthin. Bahan kimia tumbuhan ini sebenarnya adalah pigmen tumbuhan dari keluarga karotenoid, yang terkenal untuk meningkatkan kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin sangat efektif untuk kesehatan mata, karena hanya dua karotenoid yang benar-benar menumpuk di retina. Hal ini memungkinkan mereka untuk melawan penyakit mata yang berkaitan dengan usia termasuk degenerasi makula dan katarak.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."