Cegah Penuaan Dini dengan 6 Jenis Makanan Ini, dari Wortel Hingga Anggur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita merawat kulit. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dikendalikan. Namun, bagaimana Anda memilih untuk menua sepenuhnya di bawah kendali Anda dengan cegah penuaan dini. Konsumsi makanan tertentu dapat membantu Anda tetap awet muda dengan menjaga Anda tetap sehat dan memberikan nutrisi.

“Dengan penuaan datanglah kemunduran tubuh internal dan eksternal yang terlihat dalam bentuk kanker, degenerasi otak, penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan tubuh, penglihatan yang buruk dan kulit keriput. Memasukkan zat alami dalam diet Anda dapat memperlambat dan menunda proses penuaan saat Anda menjalani hidup, ”tulis Anjali Mukerjee, seorang ahli gizi. 

Namun, tambahnya, hal ini tentunya tidak berarti Anda akan hidup selamanya, tetapi Anda pasti akan hidup lebih sehat dan menunda atau bahkan menghindari sebagian besar masalah yang datang seiring bertambahnya usia.

Setuju dengan Dr Akriti Gupta, dokter kulit kosmetik dari Jivisha Clinic New Delhi dan mengatakan bahwa pola makan kita pasti berdampak pada penampilan kulit kita. “Saat Anda makan gorengan atau junk food secara berlebihan, hal itu akan muncul di kulit Anda sebagai jerawat, jerawat, dan pucat. Diet tinggi antioksidan, air, lemak sehat, dan nutrisi penting lainnya, di sisi lain, membuat kulit Anda bersinar, tetap kencang, dan segar kembali,” kata Dr Gupta.

Daftar makanan yang memiliki sifat anti-penuaan dan dapat membantu Anda tetap sehat dan melawan beberapa penyakit, Anjali menambahkan, “Terlihat bahwa buah-buahan dan sayuran tertentu memiliki kekuatan ajaib yang memperpanjang umur dan mencegah penyakit.”

Berikut 6 jenis makanan yang bisa membantu Anda cegah penuaan dini: 

1. Kubis

Kubis mengandung antioksidan kuat yang mencegah kerusakan sel-sel kulit dan melindungi kita dari sinar UV matahari yang berbahaya. Makanlah mentah, dimasak dengan sangat ringan, sebaiknya digoreng atau dikukus untuk mendapatkan hasil maksimal dari kubis.

2. Wortel

Ilustrasi wanita memegang wortel. Freepik.com/Jcomp

Mengandung beta karoten dan pigmen oranye, wortel membantu menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Satu cangkir jus wortel sehari meningkatkan penglihatan dan juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, bahkan di kalangan perokok.

3. Bawang

Bawang mengandung antioksidan yang mencegah pembekuan di arteri dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Bayam 

Kaya akan vitamin K, bayam memperkuat dinding pembuluh darah Anda sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker paru-paru. Karena memiliki kandungan air yang tinggi, ini juga membantu mencegah timbulnya keriput dan katarak.

5. Tomat

Karena adanya antioksidan kuat lycopene, tomat diketahui dapat mencegah kanker kerongkongan, lambung, dan usus besar. Kabar baiknya adalah bahwa memasak dan pengalengan tidak menghancurkan lycopene, maka tomat dalam segala bentuk, jus, saus, dan gravies dapat dengan mudah mengawetkan masa muda Anda. Selain itu, kulit tomat memiliki dampak antiinflamasi pada kulit manusia, dan antioksidan buah ini memperlambat penuaan, tambah Dr Gupta.

6. Anggur 

Dipenuhi dengan resveratrol dan vitamin C, anggur memberikan sifat anti penuaan dan mencegah degradasi sel kulit. Segelas jus anggur ungu setiap hari juga mencegah pembentukan gumpalan di arteri.

Baca: Penuaan Dini jadi Masalah Kulit yang Dialami Perempuan, Apa Sebabnya?

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."