Cara Menyimpan Apel agar Tahan Lama, di Laci Kulkas Bisa Bertahan Sekitar 6 Minggu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi apel. Foto: Unsplash.com/James Yarema

Ilustrasi apel. Foto: Unsplash.com/James Yarema

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda doyan makan apel? Jika iya, kali ini kita membahas ciri apel yang matang sempurna hingga cara penyimpanan apel agar tetap renyah saat digigit.

Ciri-ciri apel yang matang sempurna bebas dari memar, penyok, dan keras saat disentuh. Bintik-bintik lunak menunjukkan bahwa apel terlalu matang dan tidak lagi segar untuk dimakan.

Setelah Anda memilih buah yang sempurna, mengetahui cara menyimpan apel yang tepat adalah langkah yang harus diperhatikan untuk menjaga kerenyahannya. Perlu diketahui, beda cara menyimpan apel utuh atau apel potong.

Cara Menyimpan Apel Utuh

Jika Anda ingin menyimpan apel di atas meja makan atau dapur, boleh saja, tapi hanya akan bertahan sekitar satu minggu. Untuk memastikan apel tetap segar selama mungkin, jauhkan dari sinar matahari langsung.

Jika Anda memiliki banyak apel Granny Smiths dan Honeycrisps utuh dan Anda ingin memperpanjang umur simpannya, simpan di laci kulkas Anda. Membungkus apel utuh dengan tisu basah, lalu memasukkannya ke dalam kantong plastik berlubang dapat membuatnya tetap segar selama sekitar enam minggu.

Berhati-hatilah untuk tidak menyimpannya di samping buah dan sayuran lain, karena apel mengandung gas etilen yang akan mematangkan produk lain lebih cepat.

Cara Menyimpan Apel Potong

Irisan apel menjadi camilan yang lezat dan sehat, tetapi tidak bertahan lama ketimbang dalam kondisi utuh. Untuk memaksimalkan irisan apel, simpan dalam kantong yang dapat ditutup kembali atau wadah penyimpanan makanan kedap udara di lemari es. Apel potong akan tetap segar selama sekitar 3 - 5 hari, meskipun Anda mungkin memperhatikan warnanya mulai berubah menjadi cokelat.

Agar irisan apel Anda tidak kecoklatan, masukkan sedikit jus lemon sebelum memasukkannya ke dalam wadah di lemari es. Dan jangan khawatir tentang apel Anda yang memiliki rasa lemon, bahkan menggunakan jus lemon hanya akan menambah rasa getir yang hampir tidak terlihat.

Bisakah Membekukan Apel?

Anda tentu dapat menyimpan apel di dalam freezer, tetapi penting untuk diperhatikan bahwa metode ini akan membuat apel kehilangan kerenyahannya. Karena teksturnya akan terganggu, apel beku (yang lebih baik disimpan dalam bentuk irisan) ideal untuk digunakan dalam pai, kue tar, saus apel, atau mentega apel.

Saat memanggang dengan apel beku, tidak perlu mencairkannya terlebih dahulu. Cukup tempatkan irisan apel beku ke dalam kulit pai dengan sisa isian Anda, tutup dengan adonan, dan panggang. Pastikan untuk mengawasi pai Anda, karena menggunakan isian beku kemungkinan berarti Anda perlu menambahkan sekitar 20 menit ke total waktu memanggang.

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."