Dari Tomat hingga Anggur, Mengandung Bahan Anti Penuaan Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Buah dari hasil riset tim ITB yang menyatukan kebun tomat dan peternakan lebah tanpa sengat di atas lahan yang sama. Dok. Riset Tim ITB

Buah dari hasil riset tim ITB yang menyatukan kebun tomat dan peternakan lebah tanpa sengat di atas lahan yang sama. Dok. Riset Tim ITB

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, karena gaya hidup kita yang tidak menentu dan penuh tekanan ditambah dengan faktor lingkungan tertentu, penuaan dini menjadi semakin umum.  Lalu, dengan berfokus pada diet Anda, Anda bisa memperlambat proses ini. 

“Kita hidup di dunia stres dan bahan kimia. Kita sedang menghadapi serangan lingkungan terbesar dalam sejarah umat manusia. Penyakit dan penuaan tidak bisa dihindari – kecuali Anda memilih makanan dengan bijak,” kata ahli gizi Anjali Mukerjee dalam sebuah posting Instagram.

Dia menjelaskan bahwa makan buah dan sayuran segar membuat sel kita “muda, bersemangat, dan terhindar dari penyakit”. “Buah dan sayuran memiliki dampak antipenuaan yang besar pada kesehatan kita secara keseluruhan,” tambah Mukerjee. 

Berikut daftar buah dan sayur yang bisa mencegah penuaan dini: 

1. Kubis

Menyebut kubis sebagai "pembangkit tenaga melawan penuaan", ahli gizi berkata, "Kubis membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh."

2. Wortel

“Wortel adalah pembangkit tenaga listrik melawan penuaan, membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh,” tulisnya dalam caption.

3. Anggur

Anggur mengandung “antioksidan kuat yang dapat melawan kerusakan radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh Anda”.

4. Bawang

Menurut ahli, bawang bombay membantu mengencerkan darah, meningkatkan kolesterol baik dan kaya akan quercetin — agen antiinflamasi yang kuat. “Sama seperti bawang putih, mereka memiliki manfaat anti penuaan yang kuat,” tambahnya.

5. Tomat

Tomat adalah sumber lycopene yang kaya, kata Mukerjee. Ini adalah "antioksidan luar biasa yang membantu melindungi kesehatan otak dan memiliki sifat anti-kanker dan anti-penuaan yang kuat."

6. Bayam

Bayam diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, tahukah Anda bahwa ia juga memiliki sifat anti-penuaan? “Lutein dalam bayam memiliki sifat anti penuaan yang kuat dan bagus untuk kesehatan mata. Bayam kaya akan asam folat yang dibutuhkan untuk perbaikan DNA, yang pada gilirannya memperlambat proses penuaan,” kata ahli gizi tersebut.

“Penting untuk makan sayur setiap kali makan untuk menunda proses penuaan,” sarannya.

Pilihan Editor: Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah, Bisa Dicampur Lemon

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."