Makan Anggur, Jangan Buang Bijinya. Ini Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Buah anggur by boldsky

Buah anggur by boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebanyakan orang membuang biji anggur, padahal biji itu dapat dimakan dan memiliki antioksidan yang sangat kuat. Dalam biji anggur terdapat senyawa oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs) yang membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga mencegah kolesterol.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dalam biji anggur, dilansir Boldsky.

#Menurunkan tekanan darah
Biji anggur mampu melindungi pembuluh darah dan arteri dari kerusakan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lain. Selain itu, senyawa yang ada dalam biji anggur mampu merangsang aktivitas vitamin C dalam tubuh, yang akan meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat proses perbaikan pembuluh darah yang rusak.

Baca juga:
Kiat Mengatasi Anak Tersedak Buah Anggur

#Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Flavonoid yang ada dalam biji anggur merangsang vitamin C dalam tubuh, tetapi bijinya juga mengandung vitamin E dalam jumlah sedang. Vitamin E dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh untuk bertahan melawan bakteri dan patogen virus. Antioksidan dalam biji anggur juga dianggap 30-50 kali lebih kuat daripada vitamin C.

#Menurunkan kolesterol
Kadar flavonoid yang tinggi mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan keseimbangan antara HDL dan kolesterol LDL dan dapat mengurangi bahaya disposisi plak di arteri dan pembuluh darah, yang akan menurunkan risiko serangan jantung, stroke, penyakit jantung koroner, dan lainnya.

Biji anggur. essentialoil.in

#Merangsang fungsi otak
Senyawa kompleks proanthocyanidin oligomer dapat merangsang fungsi kognitif, yang akan membantu meningkatkan konsentrasi, memori, retensi, dan suasana hati. Ini penting bagi orang yang memeiliki risiko penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif. Jadi, mulailah makan biji anggur untuk fungsi kognitif yang lebih baik.

#Mencegah kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi biji anggur dapat meminimalkan risiko kanker kulit dan bahkan memperlambat pertumbuhan pembentukan tumor kulit. Bijinya juga bermanfaat untuk melawan kanker payudara dan kanker prostat. Efeknya terhadap radikal bebas membantu menghentikan kerusakan sel yang meningkatkan risiko pengembangan penyakit ini.

Artikel lain:
Minyak Biji Anggur yang Ampuh Tuntaskan Masalah Kulit

#Melindungi paru-paru
Biji anggur mengandung efek antibakteri dan antihistamin yang membantu melawan alergi, memperkuat dan melindungi paru-paru dari infeksi dan penyakit lain yang dapat merusak fungsinya. Makan biji anggur juga mengurangi risiko masuk angin dan flu serta kondisi lain yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

#Mengandung sifat anti-inflamasi
Biji anggur mengandung sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba, mencegah dan mengobati berbagai jenis infeksi. Kehadiran sifat antiinflamasi dapat membantu mengurangi gangguan seperti radang sendi, dermatitis, retensi cairan, sinusitis, dan infeksi saluran kemih.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."