Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit Kering, Kaya Antioksidan dan Bersifat Antiinflamasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

Ilustrasi buah anggur. Foto: Unsplash.com/Gnter Hoffmann

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Sesuai dengan namanya, minyak biji anggur adalah sejenis minyak yang diekstrak dari biji kecil yang terdapat di dalam buah anggur. Manfaat minyak biji anggur ini terkenal karena beberapa khasiatnya yang unik, salah satunya adalah rasanya yang tidak berminyak meskipun berbentuk minyak. Berbeda dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang cenderung terasa berat, menempel di permukaan kulit dan menimbulkan rasa licin, minyak biji anggur cepat menyerap.

“Minyak biji anggur memiliki hasil akhir yang kering, sehingga menjadikannya pilihan populer dalam produk perawatan kulit,” kata Nadia Musavvir, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat. “Minyak biji anggur yang memiliki hasil akhir yang kering membuatnya ideal bagi mereka yang lebih menyukai pelembab yang ringan dan tidak berminyak.”

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit

Selain teksturnya yang kering, minyak biji anggur juga memiliki banyak manfaat lain jika digunakan dalam rangkaian perawatan kulit. Erica Marie Gatt, ahli kecantikan dan pendiri EM Skin di Los Angeles, mengatakan bahwa “ini adalah salah satu minyak favorit saya sepanjang masa karena merupakan pembuat keajaiban dan ada begitu banyak manfaat yang Anda dapatkan hanya dari satu minyak.”

Berikut adalah beberapa manfaat minyak biji anggur:

1. Pelindung Kulit yang Sehat

Minyak biji anggur kaya akan asam linoleat (asam lemak omega-6), yang Dr. Musavvir mendukung pelindung kulit yang sehat sekaligus mengkondisikan dan melembabkan.

2. Kaya Antioksidan

Minyak kering ini kaya akan antioksidan, yang membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

3. Menyeimbangkan Kulit

Membantu menyeimbangkan produksi minyak sehingga kulit Anda tidak terlalu berminyak atau terlalu kering, menurut penelitian yang diterbitkan pada tahun 2022 di Journal of Cosmetic Dermatology.

4. Menenangkan

Marie Gatt mencatat bahwa minyak biji anggur memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan iritasi. Meningkatkan Tampilan Awet Muda: Dr. Musavvir mengatakan minyak biji anggur menghilangkan garis-garis halus dan kerutan melalui sifatnya yang melembapkan dan menghidrasi.

Siapa yang Harus Menggunakan Minyak Biji Anggur untuk Kulit?

Minyak biji anggur cocok untuk semua jenis kulit karena teksturnya yang lebih kering, kata Dr. Musavvir. Baik Anda memiliki kulit berminyak, kering, sensitif, atau kombinasi, minyak biji anggur dapat dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.Namun, sangat direkomendasikan bagi pemilik jenis kulit kering. 

Apakah Minyak Biji Anggur Menyebabkan Jerawat?

Minyak biji anggur bersifat non-komedogenik, artinya tidak menyebabkan jerawat. Faktanya, Marie Gatt mengatakan ini adalah minyak yang direkomendasikan untuk mengatasi jerawat karena dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum dan meredakan iritasi. Dr Musavvir setuju, dengan mengatakan, “Teksturnya yang ringan membuatnya sangat menarik bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat yang menginginkan hidrasi tanpa rasa berminyak berlebih.”

Pilihan Editor: Masker Wajah untuk Kulit Kering, Pilih 8 Bahan Berikut yang Menghidrasi dan Menutrisi

Real Simple

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."