Hasil riasan gaya natural makeup artist Tika Julianti saat membagikan tutorial makeup di Live Instagram Cantika, Jumat, 22 Januari 2021. Instagram/@tikajulianti_mua

kecantikan

MUA Tika Julianti Bagi Tips Makeup Natural di Masa Pandemi, Ada 9 Langkah

Minggu, 31 Januari 2021 09:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Makeup punya beragam manfaat bagi pemakainya. Selain semakin menonjolkan kecantikan dan percaya diri, juga jadi mood booster alis pendongkrak suasana hati. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mengundang banyak kekhawatiran di beberapa orang. Tak sedikit orang yang memanfaatkan makeup sebagai salah satu penyemangat. Termasuk kamu?

Maka dari itu, gaya makeup di era pandemi Covid-19 semakin beragam dan memengaruhi tren makeup 2021. Riasan natural dan penekanan di area mata menjadi andalan. Jangan lupakan pula pentingnya pemakaian produk perawatan kulit atau skincare, kata makeup artist.

"Sering melihat layar baik laptop atau ponsel berpengaruh ke wajah kita, karena sinar radiasi bisa bikin kulit wajah jadi kusam dan tidak sehat," ucap Wardah Professional Makeup Artist (MUA) Tika Julianti dalam Cerita Cantika #18 episode Tren Makeup 2021, Jumat, 22 Januari 2021.

Tak hanya mengingatkan pentingnya skincare, MUA Tika Julianti juga membagikan tutorial makeup simpel ala pandemi Covid-19. Tampilan tersebut bisa membuat kamu tetap on point dengan atau tanpa memakai masker.

Berikut tips makeup natural MUA Tika Julianti yang mudah diikuti oleh teman Cantika

1. Awali dengan Skincare

Usahakan tetap pakai skincare walaupun kerja dari rumah, khususnya tabir surya yang akan lindungi kulit dari paparan sinar gawai.

2. Base Makeup

Pulaskan foundation secara merata di wajah. Jika kamu tidak suka memakai foundation, bisa diganti pakai cushion atau BB cream, sesuaikan dengan yang kamu punya.

Baca juga:

Jika Makeup Tebal, Nikita Willy Ingat Pesan dari Indra Priawan

3. Siasati Mata Panda

Tips menyiasati mata panda atau kantong mata dengan concealer. Caranya, concealer di tap-tap dengan tangan, lalu ratakan di area bawah mata.

4. Pensil Alis

Jika alis kamu tipis maka bisa pakai pensil alis untuk bentuk bingkai. Lalu diisi mulai dari tengah ke ujung, bagian pangkal cukup disikat. Bagi si pemilik alis lebat bisa pakai brow mascara untuk merapihkan bulu alis.

5. Eyeshadow

Tika membagikan teknik khusus saat mengaplikasikan eyeshadow. "Jadi, di bagian kelopak pangkal bisa kasih warna lebih gelap, lalu di ujung warna terang yang dicampur dengan tangan atau brush," ucap perempuan 28 tahun ini.

Bagaimana jika bentuk kelopaknya hooded atau tidak tampak di bagian dalam? Tipsnya cukup pakai satu warna di bagian kelopak atas bawah alis agar lebih terlihat.

6. Eyeliner

Bagi pemula, Tika menganjurkan memakai eyeliner bentuk spidol supaya lebih bisa mengatur saat mengaplikasikan maskara ke atas bulu mata. Saat ini, kata Tika, gaya garis mata bersayap atau winged eyeliner banyak diminati untuk kamu yang ingin mempertegas mata.

7. Maskara

Tika mengatakan pentingnya tidak ada maskara yang menggumpal di aplikator maskara. Jadi, saat kamu menariknya dari tabung, sisihkan dulu bagian-bagian yang menggumpal di pinggiran atas tabung. Ia juga mengingatkan pentingnya teknik zig zag saat mengaplikasikan maskara ke bulu mata.

"Nah, supaya antar bulu mata tidak menempel, kamu juga bisa pakai teknik zig-zag saat mengaplikasikan," saran Tika.

8. Perona pipi atau blush on

Tika menyarankan jika pakai blush on tekstur powder bisa pakai brush, sedangkan untuk blush on berbahan cair bisa tap-tap dengan tangan. Lipcream juga bisa jadi blush on, tapi langsung tap-tap supaya tidak cepat kering. Arah aplikasi blush on dimulai dari tulang pipi bagian atas turun ke bawah.

9. Lipstik

Dalam live Instagram Cantika kali ini, Tika mencontohkan tampilan lipstik ombre. Dimulai dari bagian dasar pakai lipcream warna nude, setelah agak mengering pulaskan warna lipstik yang lebih bold atau merah di bagian tengah bibir.

Langkah selanjutnya Teman Cantika coba di rumah ya. Selamat bereksplorasi dengan makeup.