Cara Membersihkan Kuas Makeup dan Mengeringkannya, Menurut Penata Rias

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kuas makeup. shutterstock.com

Ilustrasi kuas makeup. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita semua tahu bahwa menggunakan kuas riasan atau makeup yang kotor pada kulit itu buruk, tetapi bisakah Anda mengingat kapan terakhir kali Anda membersihkan kuas makeup Anda? Jika Anda termasuk orang yang sering melewatkan tugas membersihkan ini, Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa para ahli menyarankan mencuci kuas makeup seminggu sekali, terutama jika Anda sering menggunakannya. Berikut cara membersihkan kuas makeup dan mengeringkannya.

Cara Membersihkan Kuas Makeup

Jika Anda terburu-buru dan hanya punya waktu singkat, gunakan produk berbasis alkohol. Sebab produk tersebut akan membersihkan sekaligus lebih cepat kering.

Semprotkan hingga lembap, lalu usapkan bulu kuas makeup pada handuk bersih dan lembut. Bila Anda mungkin berpikir untuk menggunakan handuk kertas atau tisu untuk ini, Jenny Patinkin penata rias selebriti memperingatkan agar tidak melakukannya.

“Saya tidak suka menyeka kuas makeup di atas tisu atau tisu roll handuk kertas karena kertas tersebut dapat hancur dan meninggalkan serat-serat kecil di bulu sikat,” katanya dikutip dari PopSugar, Sabtu, 16 Maret 2024. Ulangi proses penyemprotan dan penyekaan sampai Anda tidak melihat residu pada handuk.

Untuk pembersihan lebih dalam, Patinkin merekomendasikan mengggunakan cairan pembersih dari susu kambing murni atau sabun cuci piring.

"Setetes sabun cuci piring dalam air hangat akan memecah minyak yang terkumpul di kuas makeup,” katanya.

Saat mencuci kuas makeup, Anda bisa mencoba alas pembersih, handuk, atau gunakan sesuatu yang bertekstur. “Permukaan bertekstur menempel pada bulu sikat membantu mengeluarkan minyak dan pigmen,” kata Patinkin. Untuk kuas yang sangat halus, cukup putar perlahan di telapak tangan Anda hingga bersih.

Jika Anda mencari cara DIY untuk membersihkan kuas makeup di rumah, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit minyak zaitun dan sabun antibakteri. Campurkan dua tetes sabun cuci piring antibakteri ke dalam minyak zaitun extra-virgin di piring bersih, lalu ambil kuas makeup dan basahi sedikit dengan air hangat. Pastikan bulu kuas makeup tetap menghadap ke bawah selama proses berlangsung.

Jika air masuk ke dalam ferrule (tabung logam di tengah yang menyatukan semuanya) sikatlah karena lem dapat mengendur sehingga bulu sikat rontok. Selanjutnya, celupkan kuas makeup ke dalam campuran sabun dan lapisi secara menyeluruh. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam bulu kuas makeup menggunakan telapak tangan dan jari Anda. Lanjutkan hingga sisa sabun bebas riasan. Terakhir, bilas kuas makeup dengan air hangat sampai tidak ada sabun yang keluar dari bulunya.

Cara Mengeringkan Kuas Makeup

Demi menjaga bentuk kuas makeup, fase yang terpenting adalah bagaimana Anda mengeringkannya setelah dicuci. Patinkin merekomendasikan untuk meremas sikat basah dengan lembut ke dalam handuk untuk menyerap kelembapan ekstra, lalu membentuk kembali kepala dengan tangan Anda. Yang terpenting, jangan bersikap kasar.

"Jika Anda memutar, menggoyang, atau menjentikkan kuas makeup, bulu akan keluar dari tempatnya dan akan kering serta kusut, sama seperti rambut Anda jika Anda mengibaskannya alih-alih menyisir atau menyisirnya." Selain itu, penggunaan yang terlalu keras dapat melonggarkan lem pada ferrule, sehingga merusaknya secara permanen.

Jika bulu kuas makeup bengkok atau melebar saat dicuci, Anda dapat membasahinya lagi untuk mengatur ulang pola bulu, saran Patinkin.

Pilihan Editor: Tips Menyimpan Kuas Makeup, Lipstik, dan Bulu Mata Palsu

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."