A to Z tentang Bronzer, Fungsi, Jenis, dan Cara Mengaplikasikannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengenakan bronzer. Youtube.com/Jennifer Chiu

Ilustrasi mengenakan bronzer. Youtube.com/Jennifer Chiu

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBronzer adalah salah satu item riasan atau makeup yang terkadang terabaikan. Namun, bila diterapkan dengan baik, secara konsisten memberikan hasil yang paling menakjubkan dengan sedikit usaha. Yuk, kita ketahui lebih dalam soal fungsi bronzer, jenis, dan cara mengaplikasikannya dengan tepat.

Fungsi Bronzer

Fungsi utama bronzer adalah meniru efek sinar matahari pada kulit Anda dengan menciptakan efek kecokelatan keemasan.

“Bronzer adalah cara mudah untuk menambah kilau indah pada kulit tanpa risiko paparan sinar matahari, seperti sengatan matahari atau bahkan kanker kulit,” kata penata rias selebriti Sarah Egan dikutip dari Real Simple, 28 Maret 2024.

Bronzer tersedia dalam berbagai bentuk yakni stik, krim, dan bubuk. Biasanya bronzer memiliki formula yang sedikit berkilau.

Bronzer versus Kontur

Meskipun sering digabungkan, bronzer dan kontur belum tentu sama. Meskipun bronzer memberikan efek seperti sinar matahari, sementara kontur dimaksudkan untuk menyempurnakan struktur tulang dengan menciptakan atau memperdalam bayangan.

Produknya juga berbeda secara mendasar. Meskipun bronzer memiliki rona dasar oranye dan emas dengan sedikit kilau atau kilau bawaan, kontur memiliki rona dasar abu-abu dan hasil akhir matte untuk membantu meniru shade.

Cara Mengaplikasikan Bronzer Bubuk

Bronzer bubuk diaplikasikan dengan kuas berbulu besar dan dibaurkan. “Pastikan untuk mengatur produk cair dan krim Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bedak bronzer untuk menghindari hasil akhir yang tidak merata dan tidak rata,” ujar penata rias selebriti Bryan Cantor.

Cara Mengoleskan Bronzer Gel atau Krim

Bronzer krim atau gel idealnya diaplikasikan dengan jari bersih, spons riasan, atau kuas alas bedak dan diaduk rata. “Jika Anda mengaplikasikan bronzer berbentuk krim, cair, atau gel, aplikasikan sebelum menggunakan bedak dan ratakan pinggirannya dengan sisa produk pada kuas alas bedak atau spons untuk mendapatkan hasil akhir yang mulus,” kata Cantor.

Tips Menggunakan Bronzer

1. Jangan Terlalu Gelap

Salah satu kesalahan bronzer yang paling umum adalah menggunakan warna yang terlalu gelap. Sebagai gantinya, pilihlah bronzer yang satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna kulit alami Anda. Apa pun yang lebih gelap akan terlihat tidak alami dan tidak akan menyatu dengan baik. (Anda mungkin memerlukan warna yang berbeda tergantung waktu dalam setahun.)

2. Minimalkan Kilau

Banyak bronzer yang memiliki kilau bawaan. Untuk tampilan yang lebih alami, Egan merekomendasikan penggunaan produk dengan jumlah kilau minimal dibandingkan produk yang sangat berkilau atau bahkan berkilauan. “Seiring berjalannya waktu, bronzer yang mengilap membuat kulit terlihat berkeringat, bukan bersinar,” ujarnya.

3. Hanya Terapkan pada Area Utama

Kesalahan yang dilakukan banyak orang saat mengaplikasikan bronzer adalah mengaplikasikannya ke seluruh wajah, bukan pada bagian utama. “Ini menciptakan efek yang terlihat sangat palsu. Jika Anda ingin terlihat lebih kecokelatan, gunakan sunless tanner terlebih dahulu untuk memperdalam warna kulit Anda, lalu pilih bronzer yang sesuai dengan warna kulit baru Anda,” katanya.

Selanjutnya, ada tiga pilihan tampilan saat mengaplikasikan bronzer.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."