A to Z Primer Makeup, dari Fungsi, Jenis, dan Cara Penggunaan yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai makeup. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Primer makeup jelas memiliki keunggulan tersendiri, tetapi cara kerjanya sama dalam arti mempersiapkan kulit dan meningkatkan kinerja semua yang Anda lapisi. Primer riasan atau makeup dianggap sebagai produk riasan opsional, artinya secara teknis Anda tidak memerlukannya untuk melengkapi penampilan. Tetapi banyak penata rias dan pakar kecantikan yang mengakui manfaatnya. Yuk, kita telusuri serba-serbi primer makeup selengkapnya.

Fungsi Primer Makeup

Primer makeup menghasilkan kanvas halus dan rata yang membantu alas bedak, perona pipi, dan produk lainnya terlihat lebih seragam dan bertahan lebih lama. Banyak juga yang memiliki manfaat tambahan mulai dari meningkatkan tingkat kelembapan hingga memperkecil tampilan pori-pori hingga menyerap minyak berlebih sepanjang hari untuk tampilan lebih matte.

“Dalam makeup, primer dapat membantu Anda menciptakan permukaan yang lebih halus sehingga Anda dapat 'melukis' dengan warna riasan yang Anda inginkan untuk membuat potret diri Anda sendiri,” kata Matthew Waitesmith, penata rias profesional dan pendiri Artis dikutip dari Real Simple, Rabu, 27 Maret 2024.

“Primer makeup menyempurnakan permukaan kulit untuk berpadu terbaik dengan lapisan riasan berikutnya untuk hasil estetika yang Anda inginkan,” ucapnya.

Kapan Menggunakan Primer Makeup?

Anda dapat menggunakan primer makeup kapan pun Anda mau, tetapi ada beberapa skenario penting yang mungkin berguna.

- Jika Riasan Selalu Memudar: Melissa Murdick, penata rias untuk ColourPop, mengatakan bahwa primer makeup dapat membantu jika riasan Anda memudar atau meleleh sepanjang hari.

- Untuk Momen Bersejarah: Pertimbangkan primer pada riasan Anda saat Anda membutuhkannya untuk acara besar seperti pernikahan, presentasi, atau foto.

- Saat Anda Memiliki Kulit Kering: Mereka yang memiliki kulit kering atau bersisik bisa mendapatkan manfaat dari mengaplikasikan primer riasan yang melembabkan dan mengunci hidrasi.

- Jika Anda Memiliki Kulit Berminyak: Primer riasan mattifying hadir jika Anda menghadapi kulit licin di tengah hari.

- Pori-pori Anda Besar: Primer makeup menghaluskan tekstur kasar dan meminimalkan tampilan garis dan pori-pori.

Jenis Primer Makeup

Anda punya beberapa formula primer makeup untuk dipilih. Semuanya mempersiapkan kulit Anda dan meningkatkan pengaplikasian produk riasan tambahan, namun jenis yang berbeda dapat memberikan manfaat yang unik.

Blurring

Untuk efek filter foto tersebut, gunakan primer penghalus yang menghasilkan tampilan lebih buram dan meminimalkan tampilan garis halus, perubahan warna, dan pori-pori. 

Mattifying

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Murdick mengatakan ada primer mattifying yang membantu mengurangi kilap dengan menyerap minyak berlebih sepanjang hari. 

Melembapkan

“Untuk kulit kering, tersedia primer yang menghidrasi yang akan membuat kulit terasa kenyal,” kata Murdick. Cobalah cari yang mengandung asam hialuronat atau hyaluronic acid.

Glowing

Ingin tambahan kilau bersinar alias glowing? Murdick menyarankan untuk memilih produk yang tidak hanya meningkatkan kelembapan, namun juga memberikan kilau ekstra. 

Cara Mengaplikasikan Primer Makeup

Pengaplikasiannya sama, apa pun jenis primer makeup yang Anda gunakan. Waitesmith menyarankan untuk membersihkan kulit dengan lembut dan menyelesaikan rutinitas perawatan kulit Anda, termasuk penggunaan toner, serum, pelembap, dan tabir surya. Setelah produk terserap, lanjutkan dengan lapisan tipis primer riasan Anda dan diamkan satu atau dua menit sebelum menggunakan alas bedak dan riasan lainnya.

“Memercik atau menyemprot kulit Anda dengan sedikit air terlebih dahulu biasanya akan membantu formula primer menempel pada kulit dengan lebih mudah dan merata,” kata Waitesmith. “Memiliki kelembapan ekstra di bawah primer juga membantunya menciptakan tekstur kulit yang lebih kenyal dan merata,” ucapnya.

Semoga ulasan A to Z primer makeup di atas membantu Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 5 Produk Makeup yang Wajib Dibawa di Tas Anda, Lipstik hingga Eyeliner

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."