Ilustrasi Yoga. ChinaFotoPress/ChinaFotoPress via Getty Images

kesehatan

Diet, Lakukan 6 Gerakan Yoga yang Efektif Bakar Kalori

Senin, 20 Agustus 2018 07:55 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika sedang diet. Jika tak ingin melakukan gerakan yang ekstrem seperti berlari dan melompat, yoga bisa menjadi alternatif yang bagus.

Baca juga:
Diet dengan Makan Buah, Disantap Saat Bangun atau Mau Tidur?
Rinni Wulandari Makan 5 Kali Sehari, Turun 18 Kilogram tanpa Diet

Selain menjaga kelenturan dan memperbaiki postur tubuh, gerakan yoga yang terlihat perlahan ini juga mampu membakar kalori seperti olahraga pada umumnya. Berikut ini gerakan yoga yang efektif membakar kalori:

1. Chaturanga
Mirip gerakan push-up dan plank, chaturanga menyasar otot lengan, bahu, dan kaki. Mulailah dari posisi plank. Posisikan badan menghadap ke bawah dengan bertumpu pada siku tangan dan jari-jari kaki.

Dorong tubuh sedikit ke bawah seolah sedang melakukan push-up. Angkat kedua siku dan biarkan tubuh bertumpu pada kedua telapak tangan. Posisikan siku membentuk sudut 90 derajat dan sejajar dengan bahu. Tahan posisi selama 5 tarikan napas.

2. Chair pose
Gerakan ini mengaktifkan otot di sekitar bokong dan membakar lebih banyak kalori. Mulailah berdiri dengan kaki terbuka. Tarik napas sambil merentangkan kedua lengan ke atas, lalu hadapkan telapak tangan.

Buang napas dan tekuk kedua lutut. Turunkan bokong seolah sedang duduk di atas kursi. Secara otomatis, posisi tubuh akan sedikit condong ke depan. Namun pastikan posisi bahu tidak ikut condong ke depan. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

Selanjutnya: Dolphin dan Tip Toe
<!--more-->
3. Dolphin
Gerakan dolphin memperkuat lengan, perut, dan kaki. Mulailah dari posisi merangkak. Posisikan lengan bagian bawah dan telapak tangan menyentuh lantai.

Angkat pinggul dan lutut hingga tubuh seperti membentuk huruf A. Tumpukan tubuh hanya pada telapak kaki dan lengan bagian bawah. Bagian atas kepala menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

Artikel lainnya: Ikuti Gerakan Yoga Wajah untuk Melatih Otot

4. Tip toe
Gerakan ini efektif melatih keseimbangan. Awali dengan berdiri tegak, rapatkan kedua kaki. Kemudian tekuk tubuh seolah akan melakukan gerakan cium lutut. Posisikan telapak tangan menyentuh lantai. Turunkan bokong hingga berada di atas tumit sambil mengangkat tumit ke atas.

Tumpukan berat tubuh pada jari-jari kaki dan telapak tangan. Tarik telapak tangan kiri ke sisi tubuh dan angkat telapak tangan kanan lalu letakkan di depan dada. Secara perlahan, angkat pula telapak tangan kiri ke atas hingga bersentuhan dengan telapak kanan. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

Selanjutnya: Tabletop arm-leg lift dan Wheel
<!--more-->
5. Tabletop arm-leg lift
Bergerak sedikit ke atas, gerakan ini melatih punggung bagian atas dan perut. Awali dengan posisi merangkak. Buka lutut selebar pinggul dan tempatkan tangan tepat di bawah bahu.

Luruskan punggung. Angkat kaki kiri dan luruskan ke belakang. Saat bersamaan, luruskan tangan kanan ke depan hingga sejajar bahu. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

6. Wheel
Dikenal juga dengan pose kayang, gerakan ini bukan hanya untuk kelenturan namun juga ampuh membakar kalori. Cara melakukannya, berbaring lalu tekuk lutut yang terbuka selebar pinggul dan dorong tumit ke arah bokong.

Tekuk siku dan letakkan telapak tangan di sisi tubuh. Hadapkan jari-jari tangan ke arah kaki. Tarik napas, kemudian tekan telapak tangan dan kaki sambil mengangkat bahu dan pinggul dari lantai. Angkat kepala hingga lengan lurus. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas.

AURA