Tips Menjaga Kesehatan ala Pendaki Gunung Putri Handayani, Olahraga 6 Kali Seminggu dan Latihan Napas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Putri Handayani. pendaki gunung perempuan/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Putri Handayani. pendaki gunung perempuan/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dian Syahputri Fitri Handayani akrab disapa Putri Handayani, pendaki gunung asal Indonesia yang pada akhir tahun 2023 menginjakkan kaki di Kutub Selatan membagikan tips menjaga kesehatan yang selama ini lakukan agar tubuh tetap sehat dan prima. 

Menurut Putri, pertama kembali ke mindset kalau manusia itu kebutuhannya apa saja. Misalkan kalau dalam dunia pendakian ada teknik survival. " Kuncinya gini, kita manusia bisa bertahan hidup 3 minggu tanpa makanan, 3 hari tanpa air, tapi cuma 3 menit tanpa udara. Berarti kebutuhan kita yang paling utama itu adalah udara, setelah itu air lalu  makanan," ucapnya kepada CANTIKA, 12 Maret 2024

Jadi kunci utamanya menurut perempuan kelahiran Serdang Bedagai, Sumatra Utara ini ada pada latihan pernapasan atau breathing exercise. "Latihan napas bisa dengan yoga atau meditasi yang mesti rutin dilakukan setiap hari atau minimal punya jadwal. Bahkan tidak harus sambil yoga, sehari-hari misal di kantor bisa dilakukan sekitar lima menit," ucap pendaki gunung Kilimanjaro dan Carstensz Pyramid ini. 

Lalu tips yang kedua ialah hidrasi tubuh yakni minum air mineral dengan jumlah yang dianjurkan. Kemudian ketiga ialah menjaga asupan makanan sehat. Kalau exercise atau olahraga menurut Putri urutannya justru setelah asupan gizi terpenuhi. 

"Saya mengupayakan tidak makan karbo kompleks, jadi sebagai gantinya berupa ubi madu, singkong, dan kentang. Saya juga tidak minum susu hewani, diganti oatmeal atau air kelapa," kata alumnus University of Pittsburgh ini.

Putri sendiri menjadikan salah olahraga rutinnya dengan lari atau naik turun tangga untuk harian. Berbeda kalau menjelang pendakian, biasanya Putri memiliki latihan intens seperti membawa beban. "Kalau olahraga rutin biasanya saya 6 kali satu minggu, baru 1 hari untuk rest day yang benar-benar tidak olahraga. Pastikan istirahatnya juga benar-benar cukup," pungkasnya.

Bagaimana, Sahabat Cantika tertarik mencoba tips menjaga kesehatan dari Putri?  

Pilihan Editor: Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental saat Berpuasa, Gizi Seimbang dan Kelola Pikiran

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."