Diet dengan Makan Buah, Disantap Saat Bangun atau Mau Tidur?

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

kesehatan

Diet dengan Makan Buah, Disantap Saat Bangun atau Mau Tidur?

Kamis, 16 Agustus 2018 16:00 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah menjadi pilihan wajib bagi mereka yang sedang diet karena sarat serat. Buah mengandung antioksidan, flavonoid, natrium, dan kalium yang juga baik untuk tubuh. Hanya saja, makan buah juga ada waktunya.

Baca juga:Sedang Diet Keto? Ini 8 Buah yang Aman DikonsumsiAnak Elvy Sukaesih, Dhawiya Pakai Sabu Buat Diet, Ini Faktanya

Apabila mengkonsumsi buah di waktu yang tidak tepat, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan juga. Mengutip laman Boldsky, sebuah penelitian menunjukkan makan buah pada waktu tertentu dalam sehari dapat memiliki dampak positif atau negatif pada tubuh.

Berikut ini waktu yang tepat untuk mengkonsumi buah-buahan.

1. Pagi Pagi hari dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah. Ketika makan buah saat perut masih kosong, sistem pencernaan dapat menyerap nutrizi dalam buah dengan baik. Buah-buahan yang disarankan dikonsumsi sebelum sarapan antara lain nanas, melon, pisang, anggur, buah beri, pir, mangga, pepaya, dan apel.

2. Di antara waktu makanBuah juga bagus dikonsumsi di antara waktu makan. Ini bisa menjadi kebiasaan baik karena saat itu pencernaan dengan cepat mensekrsikan enzim-enzim yang berbeda. Makan buah di antara waktu makan sebagai camilan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi ingat, harus ada jeda 30 menit di antara waktu makan. Buah-buahan yang aman dikonsumsi untuk camilan adalah jeruk, buah beri, melon, nanas, delima, apel, dan mangga.

3. Sebelum dan sesudah olahragaWaktu terbaik lainnya untuk makan buah adalah sebelum dan sesudah berolahraga. Mengkonsumsi buah sebelum berolahraga akan menjadi sumber energi. Hal yang sama berlaku setelah olahraga, tubuh yang lelah akan segera pulih karena ada asupan energi dari buah. Pilihlah buah dengan serat dan kadar elektrolit tinggi, seperti pisang, mangga, anggur, jeruk, nanas, delima, dan pir.

4. Buah sebelum makan malamMakan buah sebelum makan malam lebih baik dibandingkan memakannya sebelum tidur. Buah-buahan lebih rendah kalori dan kaya serat dapat memuaskan rasa lapar. Pilihannya bisa nanas atau apel.

Artikel lainnya: 7 Buah Berkalsium Tinggi

Selanjutnya: Jangan makan buah di waktu berikut