Alexandra Askandar Ungkap Pentingnya Prioritas dan Batasan dalam Bekerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Alexandra Askandar/Foto: Instagram/Alexandra Askandar

Alexandra Askandar/Foto: Instagram/Alexandra Askandar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak mudah agar tetap menjaga keseimbangan atau dikenal dengan work life balance dalam bekerja. Namun, bagi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi merupakan hal yang penting. 

"Meskipun posisi saya saat ini membutuhkan banyak waktu dan energi. Saya mengutamakan waktu berkualitas dengan keluarga dengan menetapkan batasan dan mengalokasikan waktu khusus untuk mereka dalam jadwal saya," ucap Xandra, sapaan akrabnya melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 April 2024 

Selain itu, cara lainnya ialah Xandra juga melakukan delegasi tugas secara efektif di tempat kerja dan memberdayakan timnya untuk menangani tanggung jawab secara mandiri, sehingga ia dapat fokus pada komitmen pribadi saat diperlukan. Menurut dia sangat penting punya batasan dalam bekerja dan waktu untuk merawat diri, baik melalui olahraga, hobi, atau teknik relaksasi, untuk mengisi ulang dan menyegarkan diri di luar jam kerja.

Saya memiliki tips untuk teman-teman yang mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah berkomunikasi secara terbuka dengan rekan kerja dan anggota keluarga tentang prioritas dan batasan. "Ingatlah bahwa keseimbangan bukanlah tentang kesempurnaan tetapi lebih tentang menemukan harmoni antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang terbaik untuk Anda dan orang-orang terkasih," imbaunya. 

Jalani Hobi untuk Hidup Lebih Seimbang 

Wakil Direktur Utama atau Wadirut Bank Mandiri, Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Alexandra Askandar menemukan kebahagiaan dan kesimbangan melalui tiga kegiatan olahraga yang ia cintai yakni: golf, jogging, dan pilates.Menjalankan ketiga hobi ini memiliki dampak positif yang signifikan bagi Xandra. 

"Saya memiliki beberapa hobi yang seperti bermain golf, bersepeda, berlari, berolahraga di gym, dan melakukan pilates. Hobi-hobi ini memainkan peran penting dalam menciptakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional saya. Olahraga tersebut saya coba selipkan di pagi hari untuk mengawali hari agar lebih semangat dan fresh," ucapnya. 

Hobi-hobi ini tidak hanya memberikan manfaat fisik tetapi juga memberikan waktu untuk
merilekskan pikiran, menjernihkan pikiran, dan me-reset diri. Melibatkan diri dalam hobi-hobi ini membantu dirinya  tetap fokus, produktif, dan menjaga keseimbangan yang baik dalam hidup antara tuntutan profesional dan kehidupan pribadi.

"Salah satu hobi utama saya adalah bermain golf. Saya menemukan ketenangan dan tantangan yang unik dalam olahraga ini. Berjalan di lapangan hijau yang luas, memukul bola, dan berusaha mempertajam keterampilan teknis menjadi pengalaman yang begitu memikat bagi saya. Selain itu, atmosfer yang santai di lapangan golf memberikan waktu berharga untuk berinteraksi dengan rekan-rekan bisnis dan memperluas jaringan sosial," ucap Lulusan Boston University, Amerika Serikat ini kepada Cantika melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Desember 2023. 

Selain bermain golf, Xandra juga menikmati jogging. Baginya melakukan jogging secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan fisik, meningkatkan stamina, dan memberikan energi ekstra untuk menjalani rutinitas sehari-hari. "Selain manfaat kesehatan, jogging juga menjadi momen penyegaran pikiran, memungkinkan saya untuk berpikir lebih jernih dan kreatif. Rasanya luar biasa melihat sekeliling sambil menyusuri rute jogging favorit saya," ucap Xandra. 

Selain bermain golf dan jogging, peraih 20 Most Powerful Women 2022 di Fortune Indonesia ini juga sangat tertarik pada pilates. Latihan pilates membantu dia memperkuat core strenght dan meningkatkan fleksibilitas, dua hal yang sangat penting dalam menjalani gaya hidup yang aktif. "Pilates juga memberikan rasa ketenangan dan keseimbangan, yang kontras dengan dinamika pekerjaan saya yang seringkali penuh tantangan," tambah dia. 

Secara keseluruhan, menjalankan ketiga hobi tersebut memberikan efek positif yang signifikan baginya. "Saya merasa lebih seimbang secara emosional dan fisik, serta memiliki energi ekstra untuk menghadapi tugas-tugas sehari-hari. Melalui hobi-hobi ini, saya dapat mempertahankan produktivitas dan kreativitas dalam pekerjaan, sambil tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup," pungkas Xandra. 

Pilihan Editor: Dukung Ika Natassa, Alexandra Askandar Hadir di Premiere Film The Architecture of Love

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."