Ikuti Gerakan Yoga Wajah untuk Melatih Otot

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita cantik berwajah bersih. shutterstock.com

Ilustrasi wanita cantik berwajah bersih. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kulit juga akan menua termasuk kulit wajah. Tanda-tandanya, kulit kendur dan muncul garis-garis halus sampai kerut. Selain merawat kulit wajah dengan produk kecantikan, kita bisa mengencangkan kulit dengan melakukan yoga wajah untuk melatih otot.

Baca juga:
Beda Kulit Kering dengan Kulit yang Dehidrasi
Cara Pakai Produk Kecantikan Aloe Vera 90 dan 99 Persen

Otot wajah semakin kuat sehingga kulit tampak lebih kencang dan bervolume. Manfaat yoga wajah adalah mengikis lemak, terutama di bagian pipi. Ikuti gerakan yoga wajah berikut ini.

# Lion pose

Lion pose masuk dalam gerakan pemanasan untuk merangsang otot di seluruh wajah. Caranya, awali dengan bersimpuh dan letakkan kedua tangan di paha. Buka mulut selebar mungkin dan julurkan lidah ke arah dagu semaksimal mungkin. Sembari bernapas lewat mulut, keluarkan suara raungan (seperti singa) dari dalam tenggorokan. Keluarkan suara mengaum sampai 5 kali.

# Fish face

Pose mirip ikan ini memperkuat dan mengencangkan otot pipi dan bibir. Caranya, tarik pipi dan bibir ke dalam seperti menirukan wajah ikan. Tahan sambil mencoba tersenyum. Kembali ke posisi semula setelah otot pipi dan rahang terasa tertarik. Ulangi hingga 5 kali.

# Eye focus

Garis halus di sekitar mata membuat wajah tampak tua. Coba atasi dengan eye focus. Mulailah dengan membuka mata selebar mungkin seperti melotot. Untuk mempermudah, Anda bisa meletakkan kedua telapak tangan di dahi dan menarik perlahan dahi ke atas. Gerakan menarik ini melawan gaya gravitasi yang juga membantu mengurangi kerut di dahi. Fokuskan pandangan ke satu titik. Pastikan alis tidak berkerut. Tahan pose ini selama 10 detik. Ulangi 4 kali.

# Cheek uplift

Gerakan ini membakar lemak pada tulang pipi sehingga kontur wajah terlihat lebih jelas. Cara melakukannya, tersenyum selebar mungkin, lalu letakkan telunjuk dan jari tengah kedua tangan pada sisi kiri dan kanan pipi. Dorong pipi ke atas (ke arah mata) dengan jari-jari itu. Tahan selama beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 5 kali.

# Jaw release

Lemak di bagian dagu bisa menyebabkan dagu ganda. Jaw release membuat kamu terhindar dari dagu berlapis serta mengencangkan otot rahang. Cara menerapkannya, gerakkan mulut seolah mengunyah makanan dengan kondisi mulut tertutup. Atur napas dengan baik. Kemudian, buka mulut selebar mungkin sambil meletakkan lidah di atas deretan gigi bawah. Tahan selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini 5 kali.

# Chin lift

Sesuai namanya, Anda cukup mengangkat dagu untuk melakukan gerakan ini. Namun jangan anggap remeh, karena chin lift punya manfaat memperkuat otot rahang dan leher. Cara melakukannya, angkat dagu dan arahkan pandangan ke langit-langit. Rapatkan bibir dan manyunkan bibir seolah akan mencium langit-langit. Tahan posisi ini beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi sebanyak 5 kali.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."