5 Rekomendasi Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Tiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita squat. Freepik.com

Ilustrasi wanita squat. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga atau aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan mental. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan setiap hari tanpa memerlukan peralatan khusus atau waktu yang lama. Dikutip dari Healthline, seseorang bisa berolahraga dengan intensitas sedang setiap hari, namun tetap fleksibel dan memperhatikan kondisi tubuh. 

Pedoman umum melakukan 30 menit olahraga sedang setiap hari atau minimal 150 menit tiap pekan, atau 75 menit olahraga intens setiap pekan. Yang terpenting konsisten dan fleksibel sesuai kebutuhan dan keinginan tubuh.

Dikutip dari WebMD, berikut 5 olahraga yang bisa dilakukan setiap hari:

1. Jalan kaki

Setiap program olahraga harus mencakup latihan kardiovaskular, yang menguatkan jantung dan membakar kalori. Berjalan kaki cara yang mudah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa peralatan khusus. Intinya hanya membutuhkan sepatu yang nyaman. Bagi pemula, sebaiknya mulai  berjalan lima menit hingga sepuluh menit, secara perlahan ditingkatkan hingga minimal 30 menit perhari.

2. Latihan Interval

Latihan interval untuk kebugaran dan membantu penurunan berat badan. Caranya meningkatkan kecepatan atau intensitas selama satu atau dua menit, kemudian kembali kecepatan normal selama dua hingga sepuluh menit menyesuaikan dengan total waktu latihan dan waktu yang dibutuhkan untuk pulih.

3. Squat

Latihan kekuatan berguna untuk membakar kalori secara efisien. Squat, yang melibatkan banyak kelompok otot seperti paha depan, paha belakang, dan gluteal, sangat dianjurkan. Olahraga ini memiliki manfaat paling besar karena keterlibatan otot yang komprehensif. 

Gerakan yang tepat sangat penting, caranya yaitu dengan mempertahankan posisi kaki selebar bahu, punggung lurus, dan pastikan lutut tetap berada di atas mata kaki selama melakukan gerakan. Berlatih dengan kursi dapat membantu menguasai teknik yang benar.

4. Lunge

Lunge menggunakan semua otot besar di bagian bawah tubuh, termasuk gluteal, paha depan, dan paha belakang. Lunge agak kompleks daripada squat, yang juga membantu meningkatkan keseimbangan.

Caranya ambil langkah maju memastikan punggung tetap lurus. Tekuk lutut depan hingga sekitar 90 derajat, berfokus berat badan di jari kaki belakang dan menurunkan lutut belakang ke lantai. Coba untuk melangkah tidak hanya ke depan, tetapi juga ke belakang dan samping.

5. Push-up

Push-up latihan yang menguatkan otot dada, bahu, trisep, dan inti tubuh secara bersamaan. Push-up untuk pemula, mulai dengan lutut ditekuk. Jika sudah terbiasa bisa  bertumpu jari kaki.

Caranya posisi badan telungkup, letak tangan agak melebar melebihi bahu. Posisi tubuh lurus sambil memastikan otot perut dan pangkal paha tetap aktif. Turun dan angkat tubuh sambil menjaga tubuh tetap seimbang.

Pilihan Editor: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Anda: Jalan Kaki atau Lari?

WINDA OKTAVIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."