Alasan Teh Tak Dianjurkan Diminum saat Sahur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi teh (pixabay.com)

Ilustrasi teh (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang yang senang minum teh saat sahur untuk membuat badan lebih segar saat berpuasa. Namun, minum teh saat sahur dapat menyebabkan cepat haus. Hal ini diungkapkan oleh spesialis gizi dan nutrisi dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK.

“Karena teh ini mempunyai efek diuretik. Diuretik adalah mengeluarkan cairan berlebihan dan cepat dari tubuh. Kalau cairan kita hilang secara cepat dari tubuh dan banyak, ini akan menimbulkan rasa haus yang cepat,” ujar Marya.

Artikel lain:
Tidur Lagi setelah Sahur, Awas Gangguan Kesehatan Berikut
Tips agar Tidak Terlambat Makan Sahur selama Ramadan

Jika memang ingin minum teh saat sahur, dr. Marya menganjurkan konsumsi dengan batasan yang wajar agar mendapatkan manfaatnya dan membuat kita tidak cepat haus.

“Yang lebih tepat adalah teh mempunyai unsur diuretik. Makanya kita mengkonsumsi teh ada batasannya. Jadi kalau memang mau mendapatkan manfaatnya, cukup satu sampai dua cangkir setelah berbuka puasa. Tetapi menjelang imsak, karena mengingat ada efek diuretiknya sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak apalagi sudah direndam lama,” tutur Marya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."