10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Berdasarkan Penelitian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTeh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman tersehat di dunia yang memiliki banyak potensi manfaat kesehatan. Teh hijau dapat membantu mendukung kognisi, mempertahankan berat badan ideal, dan menawarkan perlindungan terhadap kanker.

Dikutip dari Healthline, berikut ini 10 manfaat kesehatan dari teh hijau berdasarkan penelitian.

1. Mengandung senyawa antioksidan nabati

Teh hijau mengandung sejenis polifenol yang disebut katekin. Katekin adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Katekin yang paling terkenal dan melimpah dalam teh hijau adalah epigallocationchin-3-gallate (EGCG), yang menurut penelitian mungkin terlibat dalam memperbaiki berbagai kondisi kesehatan atau penanda penyakit.

2. Dapat meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah makalah penelitian tahun 2017 menemukan bahwa minum teh hijau dapat bermanfaat bagi kognisi, suasana hati, dan fungsi otak, mungkin karena senyawa dalam teh hijau seperti kafein dan L-theanine.

Sebuah studi tahun 2020 juga menunjukkan bahwa teh hijau dikaitkan dengan kemungkinan penurunan kognitif sebesar 64 persen lebih rendah pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua. Diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengeksplorasi lebih jauh efek ini.

3. Bisa membantu pembakaran lemak

Sebuah tinjauan tahun 2022 menemukan bahwa kemampuan teh hijau untuk mempengaruhi metabolisme Anda secara positif ditingkatkan dengan latihan aerobik atau resistensi.

Meskipun demikian, National Institutes of Health Office of Dietary Supplements menunjukkan bahwa meskipun beberapa penelitian menunjukkan kemampuan teh hijau untuk meningkatkan cara tubuh Anda memecah lemak, efek keseluruhannya terhadap penurunan berat badan cenderung kecil.

4. Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Meskipun buktinya beragam dan tidak konsisten, penelitian telah menghubungkan minum teh hijau dengan penurunan kemungkinan terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru atau kanker ovarium.

Tinjauan tahun 2020 menemukan bahwa meskipun penelitian eksperimental menunjukkan efek menguntungkan yang sederhana, para ilmuwan tidak dapat menyimpulkan efek konsisten teh hijau terhadap kemungkinan kanker secara keseluruhan. Diperlukan penelitian tambahan yang berkualitas tinggi.

5. Dapat melindungi otak dari penuaan

Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa teh hijau dikaitkan dengan tingkat penanda tertentu yang lebih rendah terkait penyakit Alzheimer pada orang yang tidak memiliki masalah kognitif yang diketahui saat ini. Senyawa seperti EGCG dan L-theanine mungkin bertanggung jawab.

Namun, sebuah penelitian pada tahun 2023 melaporkan bahwa minum terlalu banyak, 13 cangkir atau lebih per hari (semua jenis teh), dapat meningkatkan kemungkinan penyakit Alzheimer. Bukti klinis tentang bagaimana sebenarnya teh hijau mempengaruhi otak manusia masih kurang.

6. Dapat membantu kesehatan mulut

Tinjauan penelitian tahun 2021 menemukan bahwa minum teh hijau, atau menggunakan ekstrak teh hijau, dapat dikaitkan dengan kesehatan mulut yang lebih baik.

Namun sebagian besar penelitian mengenai hal ini tidak meneliti subjek manusia. Meskipun hasilnya menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian klinis pada manusia.

7. Dapat membantu pengelolaan gula darah

Ulasan tahun 2020 menemukan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan gula darah saat berpuasa dalam jangka pendek tetapi tampaknya tidak berpengaruh pada gula darah atau insulin dalam jangka panjang.

Sebuah studi tahun 2021 terhadap orang dewasa di Tiongkok juga menunjukkan kemungkinan kematian akibat diabetes tipe 2 10 persen lebih rendah bagi mereka yang meminumnya setiap hari.

Ulasan lain tidak menemukan adanya efek pada penanda pengelolaan gula darah pada penderita diabetes tipe 2, sehingga temuan ini tidak dapat disimpulkan.

8. Dapat membantu mencegah penyakit jantung

Sebuah tinjauan penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat menurunkan banyak faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah atau lipid.

Meskipun demikian, masih kurangnya bukti yang konsisten dan berjangka panjang dalam uji klinis pada manusia yang dapat menunjukkan sebab dan akibat.

9. Dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2022 menemukan bahwa minum empat cangkir atau lebih teh hijau setiap hari dikaitkan dengan 44 persen lebih rendah kemungkinan terjadinya obesitas perut, namun efeknya hanya signifikan bagi wanita.

Tapi, teh hijau tampaknya tidak membuat perubahan apa pun pada tingkat hormon lapar dan kenyang, yang membantu mengatur nafsu makan Anda. Ada juga beragam bukti tentang penurunan berat badan dengan teh hijau secara umum.

10. Mungkin membantu Anda hidup lebih lama

Teh hijau mungkin memiliki senyawa pelindung terhadap kanker dan penyakit jantung, yang dapat membantu Anda hidup lebih lama. Penelitian dari Jepang menemukan bahwa mereka yang minum lima cangkir atau lebih per hari memiliki peluang kematian yang lebih rendah karena semua penyebab dibandingkan mereka yang minum satu cangkir atau kurang.

Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa minum enam cangkir teh hijau setiap hari menurunkan risiko kematian akibat semua penyebab sebesar 62 persen, bahkan di antara orang yang pernah mengalami serangan jantung.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang terjadi jika saya minum teh hijau setiap hari?

Secara umum, kebanyakan orang dapat menikmati teh hijau setiap hari sebagai bagian dari rencana makan seimbang. Meskipun buktinya beragam, penelitian tampaknya menunjukkan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi tiga hingga lima cangkir (24 hingga 40 ons) setiap hari.

Apa manfaat utama teh hijau?

Minum teh hijau mempunyai banyak manfaat. Buah ini kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan sel dan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini termasuk mengurangi penanda peradangan tertentu yang dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Bahkan mungkin memiliki beberapa sifat yang membantu melindungi terhadap kanker dan penyakit jantung.

Berapa banyak teh hijau yang harus Anda minum sehari?

Minum 1-3 cangkir teh hijau sehari mungkin baik bagi kesehatan Anda. Ingatlah bahwa sebagian besar teh hijau mengandung kafein, kecuali sudah dihilangkan kafeinnya, jadi tidak disarankan minum lebih dari 6-8 cangkir setiap hari.

Apakah teh hijau mengurangi lemak perut?

Beberapa bukti berbasis penelitian menunjukkan minum teh hijau dapat membantu mengurangi lemak tubuh, termasuk di perut. Namun, penelitian pada manusia yang lebih terkontrol diperlukan untuk menunjukkan hubungan sebab-akibat.
Garis bawah

Itulah beberapa manfaat dari meminum teh hijau. Sahabat Cantika mungkin tertarik untuk menjadikan teh hijau sebagai bagian rutin gaya hidup Anda, selamat mencoba!

Pilihan Editor: Minum Teh Hijau Setelah Makan Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Kata Ahli

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."