Menu Sahur Ala Luna Maya, Ada Gudeg, Roti, dan Buah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Luna Maya membagikan foto berisi menu makanan dengan tambahan teks

Luna Maya membagikan foto berisi menu makanan dengan tambahan teks "Selamat sahur," Selasa, 2 April 2024. Foto: Instagram/@lunamaya.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Luna Maya mengunggah sebuah foto di Instagram story, yaitu hidangan sahur. Dilihat dari meja dan kursi yang tersusun, dia tampak sedang menginap di sebuah hotel. Dari uanggahan sebelumnya, Luna Maya juga membagikan review Hotel Tentrem Semarang.

"Selamat sahur," tulis Luna Maya dalam fotonya. Tampak ada tiga piring yang berisi menu berbeda. Piring pertama berisi nasi, semur telur, daging, dan sayuran yang tampak seperti gudeg basah. Di piring kedua ada roti panggang dengan selai, seres, dan kurma. Lalu piring lainnya berisi beberapa potong buah naga dan pepaya, serta biji kurma. Lalu secangkir minuman berwarna coklat.

Menu yang dipilih Luna Maya termasuk makanan bergizi yang menyiapkan tubuh siap menjalani puasa seharian. Supaya kuat dalam menjalani puasa, berikut adalah menu sahur sehat dan bergizi yang bisa dijadikan pilihan. 

Pertama adalah oatmeal dan buah-buahan. Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat, sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan buah-buahan segar, seperti semangka, apel, pisang, dan melon. 

Buah-buahan ini kaya akan vitamin dan mineral yang esensial untuk menjaga kesehatan tubuh, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Menu berikutnya adalah telur rebus dengan sayuran hijau. Telur rebus adalah pilihan menu sahur terbaik karena rendah lemak dan kaya nutrisi. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan bisa menjadi pilihan menu sahur yang mudah dan cepat. 

Agar menu semakin bervariasi, tambahkan menu lain berupa sayuran hijau seperti bayam atau brokoli untuk tambahan serat dan vitamin. Anda juga bisa menambahkan irisan tomat dan mentimun untuk memberi rasa segar dan menambah kandungan air dalam sahur Anda.

Menu sehat dan bergizi untuk sahur selanjutnya adalah makanan berprotein. Makanan dengan protein dapat memberikan energi yang cukup selama berpuasa.  Beberapa pilihan menu berprotein yang bisa dijadikan pilihan antara lain telur rebus atau dadar, ayam panggang atau ikan bakar, serta tahu atau tempe goreng.

Berikutnya adalah sayur sop. Menu sahur ini paling baik karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. 

Dengan campuran beragam sayuran seperti wortel, kentang, buncis, dan kubis, sayur sop tidak hanya memberikan rasa yang nikmat tetapi juga membantu menjaga kenyang dan memberikan energi yang stabil sepanjang hari puasa.

Menu sahur yang sehat dan bergizi selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber cadangan energi. 

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi lemak sehat dengan porsi yang tepat saat sahur untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat meliputi buah alpukat, ikan, yogurt, minyak zaitun, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Selamat menjalankan aktivitas dan ibadah puasa!

Pilihan Editor: Rayakan Ulang Tahun ke-40, Luna Maya: Siap Merangkul Fase Baru

RIZKI DEWI AYU | LAILI IRA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."