Ratna Galih dan kelima anaknya. Instagram/@ratnagalih

keluarga

Mengasuh Lima Anak, Ratna Galih: Sekolah Motherhood Seumur Hidup

Sabtu, 4 Januari 2020 07:45 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila ada pernyataan yang bilang jika pelajaran menjadi seorang ibu berlaku seumur hidup, maka benarlah adanya. Hal itu juga dialami oleh aktris Ratna Galih yang dianugerahi lima anak.

Empat di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan satu anak perempuan. Mereka adalah Shelby Adhideva Sawkani, Madiba Arga Sawkani, Benjamin Ayyubi Sawkani serta si kembar Shelma Aisyah Sawkani dan Shaldy Ararya Sawkani. Jarak usia kelima anak-anak Ratna pun cukup dekat.

Bagi perempuan kelahiran 17 Maret 1988 ini, mengasuh dan mendidik kelima anaknya sebuah anugerah dan perjuangan kehidupan seorang ibu seumur hidup. Semangat itu diungkapkan Ratna Galih melalui unggahan pembuka tahun baru 2020, di laman Instagram-nya.

Menurut Ratna dalam tema mengajarkan anak seringkali telintas dalam pikiran kita kalau tugas orang tua ialah mengajari anak-anak. "Well benar sih, tapi kadang aku sendiri lupa seberapa banyak anak mengajari kita," tulis Ratna.

Itulah mengapa sebabnya, belajar yang tidak ada habisnya ada di kelas motherhood. Sekolah yang tidak ada lulusnya, sekolah seumur hidup yang penilaiannya relatif, target pencapaian juga beda bagi setiap anak.

Ratna Galih dan kelima anaknya. Instagram/@ratnagalih

"Aku masih harus belajar bersabar, belajar disiplin, belajar lebih mendengar. Pokoknya banyak banget PR-nya. Karena mereka semakin hari bertumbuh dan cara menghadapinya juga beda usia beda pendekatannya," sambung Ratna Galih.

Istri Sawkani ini menambahkan tidak ada ilmu yang ilmiah untuk menghadapi sekolah pengasuhan, sebab sekolah Motherhood-lah yang paling sulit. Banyak wanita yang memilih karier, namun setiap orang berbeda demikian juga dengan Ratna yang menjadi ibu adalah karier terbaiknya.

Ratna Galih mengakui seberapa pun pencapaian ia di bidang pekerjaan rasanya tidak ada tandingannya dibanding saat anak mulai hapal surat-surat pendek atau dapat nilai A di sekolah.

"If i have to choose again, aku akan tetep pilih berkarier sebagai ibu yang utama dan mengejar “ambisi” pribadi sebagai selingan. And not the other way... i love to have a carrier but tidak lebih dari aku mencintai peran aku menjadi seorang IBU," jelas artis berusia 31 tahun ini.

Tak lupa, Ratna Gallih juga mengucapkan selamat menghadapi 2020 dengan penuh keyakinan. "We can do this sending hugs and loves to all mama out there, we have each other," tandas ia diikuti emotikon hati.