Kedutaan Besar Jepang Tawarkan Beasiswa untuk Lulusan SMA dan SMK, Ini Syaratnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Universitas Tsukuba, Jepang. Foto: www.tsukuba.ac.jp

Universitas Tsukuba, Jepang. Foto: www.tsukuba.ac.jp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kedutaan Besar Jepang mengumumkan membuka beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU di Jepang.

Beasiswa pendidikan ini berlaku untuk tahun akademik 2025 (April 2025). Beasiswa ini bagian dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang Monbukagakusho.

Dalam keterangan pers yang diterima Tempo, pada Jumat, 19 April 2024, sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu selama satu tahun. Selama sekolah persiapan, penerima beasiswa akan dibekali dengan pembelajaran sesuai dengan program yang dipilih.

Program GAKUBU untuk bidang studi IPS akan mempelajari pengetahuan umum Jepang, matematika, dan bahasa Inggris. Bidang studi IPA akan mempelajari pelajaran fisika, kimia, dan biologi.

Program KOSEN akan mempelajari Bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, matematika dan lainnya. Program SENSHU akan mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, dan lainnya.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPS, setelah dinyatakan lulus primary screening, apabila MEXT menilai bahwa pelamar memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni, pelamar akan secara langsung ditempatkan di univeristas tanpa mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu. Hal tersebut tergantung dari keputusan MEXT dan pihak universitas di Jepang. Ketentuan terkait hal ini, akan dijelaskan setelah lulus primary screening.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPA yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni dan berminat untuk langsung masuk ke universitas tanpa sekolah persiapan, permintaan dapat dilakukan setelah dinyatakan lulus primary screening

Untuk bisa mendaftar beasiswa ini, di antara persyaratannya adalah memiliki nilai akademik yang baik dan lahir pada atau setelah April 2000. Adapun di antara fasilitas yang akan didapatkan adalah uang kuliah yang ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen/bulan (Rp 12 juta) dan tidak ada ikatan dinas.

Dokumen untuk seleksi beasiswa harus dikirim atau diserahkan ke kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 8 Mei 2024. Informasi perihal beasiswa ini ada di website Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. 

Itulah program beasiswa pendidikan Kedutaan Besar Jepang untuk lulusan SMA dan SMK. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: LPDP Buka Pendaftaran Beasiswa Kuliah S2 di Northeastern University

SUCI SEKARWATI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."