Ratna Galih Melahirkan Bayi Kembar, Ini Tips Pengasuhannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ratna Galih menggendong bayi kembarnya Shaldy Ararya Sawkani, dan Shelma Aisyah Sawkani. Instagram/@ratnagalih

Ratna Galih menggendong bayi kembarnya Shaldy Ararya Sawkani, dan Shelma Aisyah Sawkani. Instagram/@ratnagalih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ratna Galih melahirkan anak kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan melalui proses persalinan operasi caesar pada Jumat, 5 Juli 2019, di Rumah Sakit Bunda Jakarta. Aktris sinetron Cinta yang Hilang itu mengumumkan kelahiran anak kembarnya melalui Instagram.

Baca juga: Fashion Hijab Kasual Ratna Galih, Trendi dan Kekinian

Anak kembar berjenis kelamin laki-laki di beri nama Shaldy Ararya Sawkani, sedangkan anak yang berjenis kelamin perempuan Shelma Aisyah Sawkani. Selain memberikan informasi seputar kelahiran anak ke-empat dan ke-lima, Ratna Galih juga mengucapkan terima kasih kepada netizen yang telah memberikan doa dan dukungan untuknya.

Mengasuh bayi kembar tentu sedikit berbeda dari biasaya, namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar ibu tidak kesulitan, seperti dilansir dari laman Baby Centre UK berikut ini.

#1. Rutinitas untuk anak kembar
Membuat rutinitas akan membantu, meskipun tidak mudah untuk memulainya. Cobalah membuat buku harian untuk setiap bayi. Selain itu, ada aplikasi yang dapat membantu hal ini. Betapapun lelahnya Anda, Anda akan tahu kapan mereka terakhir kali tidur, diberi makan, mengganti popok.

Setelah Anda memiliki rutinitas untuk minum ASI, tidur siang dan waktu tidur, cobalah untuk tetap melakukannya sebaik mungkin, bahkan di akhir pekan. Anda mungkin harus fleksibel ketika bayi Anda sakit, atau mengalami lonjakan pertumbuhan. Anda dapat kembali ke rutinitas setelah bayi Anda tenang kembali.

#2. Memberi makan anak kembar
Sangat mungkin untuk menyusui bayi kembar, meskipun Anda mungkin memerlukan dukungan dari bidan dan keluarga dekat Anda. Beberapa ibu mungkin memutuskan untuk menyusui bayi kembar terlebih dahulu, dan kemudian menambahkan susu botol sebelum tidur. Beberapa ibu mengeluarkan ASI jika mereka memutuskan untuk menambah susu dengan botol, karena tidak menyusui dapat membuat persediaan ASI berkurang.

Memberi makan kedua bayi sekaligus memang menghemat waktu, tetapi bisa sulit untuk memulainya. Anda akan segera mengetahui cara menyusui bekerja paling baik untuk Anda dan bayi Anda. Jangan lupa minumlah banyak air, karena menyusui membuat Anda haus. Selain minum sambil menyusui, cobalah minum lagi di antara waktu makan. Ibu juga ahrus menjaga asupan makanan yang sehat.

Selanjutnya, tak perlu sungkan minta bantuan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."