Ilustrasi jalan kaki. Telegraph.co.uk

kesehatan

9 Keuntungan Jalan Kaki Bisa Memperkuat Jantung sampai Tulang

Sabtu, 24 Agustus 2019 08:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga beragam jenisnya, ada yang membutuhkan alat dan tanpa alat. Sejumlah olahraga yang membutuhkan alat di antaranya sepeda, angkat beban, muay thai hingga kickboxing. Untuk olahraga yang tanpa alat, contohnya lari dan jalan kaki. Sebab modal utamanya melekat pada diri, yaitu kaki.

Bagi Anda yang tertarik berolahraga tanpa alat, jalan kaki bisa dijadikan alternatif pilihan. Selain murah meriah, manfaat jalan kaki untuk kesehatan sayang bila dilewatkan. Keuntunganya beragam mulai dari memperkuat jantung hingga memperbaiki suasana hati.

1. Meningkatkan energi

Salah satu manfaat jalan kaki lainnya adalah mengurangi rasa lesu dan meningkatkan energi. Pasalnya, jalan kaki bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menambah kadar kortisol, epinefrin, dan noepinefrin. Ketiganya adalah pengatur tingkat energi dalam tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rutin berjalan kaki juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit-penyakit ringan. Misalnya, batuk, pilek, serta flu.

Dalam studi tertentu yang meneliti seribu orang partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit setiap hari, memiliki masa sakit lebih rendah hingga 43% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah berolahraga. Jika sakit pun, orang yang rutin berjalan kaki akan lebih cepat sembuh.

3. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Suasana hati yang positif tersebut kemudian memudahkan keluarnya ide-ide segar. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa ide baru yang kreatif, akan lebih mudah muncul jika dipikirkan sambil berjalan kaki daripada sambil duduk. Terutama jika Anda melakukannya di luar ruang dan di tengah udara segar.

4. Memperkuat jantung

Berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Anda juga bisa meningkatkan manfaat ini dengan menambah jarak berjalan secara bertahap.

Selanjutnya Memperkuat tulang dan sendi
<!--more-->
5. Memperkuat tulang dan sendi

Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh Anda sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Manfaat jalan kaki juga bisa membantu Anda dalam melindungi sendi di lutut dan pinggul, dengan memicu lubrikasi sendi dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi tersebut.

6. Memperkuat otot kaki

Rutin melakukan olahraga jalan kaki otomatis akan memperkuat otot kaki, khususnya bila Anda sering menyusuri rute-rute menanjak. Jalan kaki di atas treadmill pun dapat memperkuat otot kaki jika alat ini disetel dengan fitur alam posisi menanjak.

Meski manfaat jalan kaki sangat baik untuk kesehatan, jenis jalan kaki yang Anda lakukan juga tidak boleh asal. Seperti apakah aktivitas jalan kaki yang bisa memberikan kebaikan-kebaikan ini?

Jalan kaki termasuk olahraga yang paling praktis dan menyehatkan. Mari simak kebaikannya untuk kesehatan di bawah ini:

7. Membakar kalori

Seperti lari, jalan kaki juga termasuk jenis olahraga kardio. Jadi, aktivitas ini pun bisa dilakukan dengan tujuan membakar kalori.

Jumlah kalori yang terbakar akan bertambah bila Anda berjalan dengan cepat sebanyak 100-300 kalori, dalam jarak yang jauh dengan durasi di atas 30 menit, dan di medan yang menanjak.

8. Menurunkan gula darah

Manfaat jalan kaki juga bisa didapatkan ketika Anda melakukannya sesudah makan, yaitu menurunkan kadar gula darah.

Dalam studi berskala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.

9. Memperbaiki suasana hati

Manfaat jalan kaki berikutnya adalah dampak positifnya bagi kesehatan mental. Orang yang berjalan kaki secara rutin melaporkan bahwa gangguan kecemasan serta suasana hati yang negatif juga menjadi berkurang.

SEHATQ