Kim Kardashian berpose di karpet merah untuk gala amfAR di New York, AS, Rabu, 6 Februari 2019. Kim dan kakaknya sama-sama menggunakan gaun rancangan Versace pada acara malam ini. REUTERS/Shannon Stapleton

kesehatan

Tips Mengatasi Psoriasis seperti yang Dialami Kim Kardashian

Selasa, 19 Maret 2019 18:01 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Psoriasis merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan dan pertumbuhan sel-sel kulit yang cepat. Gejalanya kulit dengan bercak merah bersisik dan gatal, yang sangat menyulitkan bagi sebagian orang. Salah satunya selebriti Kim Kardashian.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru 2019 Kim Kardashian Dimulai Seusai Natal

Psoriasis tidak dapat disembuhkan tapi ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyamarkan atau meredakan rasa gatalnya. Bintang reality show Kim Kardashian didiagnosis mengalami psoriasis pada tahun 2011. Sejak saat itu ia berjuang melawan kondisi telah berjuang penyakit autoimun tersebut. Ibunya, Kris Jenner juga menderita penyakit ini.

Kim Kardashian sempat kesal ketika menemukan ruam yang tidak merata di tubuhnya. Belum lama ini ia kembali mengungkapkan perasaannya tentang psoriasis yang dialaminya. "Pekerjaan saya melakukan kampanye iklan dan pemotretan baju renang, orang tidak mengerti tekanan pada saya untuk terlihat sempurna," katanya dalam salah satu episode Keeping Up With The Kardashians. "Ketika saya mendapatkan satu dolar, itu menjadi berita utama. Bayangkan apa yang akan dilakukan tabloid kepada saya jika mereka melihat semua bercak ini."

Ibu tiga anak ini juga menulis tentang psoriasis di aplikasinya. Bahwa ia memiliki bercak psoriasis di kaki kanannya. Kim Kardashian mengaku tak ingin lagi menutupinya, ia ingin semua orang melihatnya. Setelah bertahun-tahun mengalami psoriasis, ia mulai bisa menerima kondisinya itu.

Selanjutnya: Cara Kim Kardashian meredakan gejala psoriasis
<!--more-->
Kim Kardashian pun melakukan beragam cara untuk mengatasi psoriasis yang dialaminya. Salah satunya, Dia menggunakan semprotan untuk kaki yang dapat menutupi bercak psoriasisnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan jika Anda menderita psoriasis, seperti dilansir dari laman Miror UK.

#1. Beri asupan bergizi untuk kulit
Kulit Anda membutuhkan lemak yang baik dari alpukat, salmon asap, kacang-kacangan dan biji-bijian. "Asam lemak dimasukkan ke dalam sel di lapisan atas kulit, membantu mencegah hilangnya kelembaban," jelas Ahli Gizi Lily Soutter. "Mereka juga anti-inflamasi yang kuat, yang dapat mengurangi gejala psoriasis."

#2. Berjemur
"Orang yang menderita psoriasis cenderung menghasilkan lebih banyak sel-sel kulit, dan vitamin D dapat memperlambat proses ini, membuat plak menjadi lebih bersisik dan lebih tipis," kata Ahli Gizi Shona Wilkinson. Minta dokter Anda untuk menguji kadar Vitamin D Anda - jika Anda kekurangan, cobalah mengonsumsi suplemen setiap hari.

#3. Hentikan stress
Stres dan psoriasis sering berjalan beriringan. Semakin buruk kulit Anda, semakin Anda akan stres tentang hal itu, yang hanya akan membuat ruam Anda semakin parah.

"Tingginya kadar hormon stres kortisol dalam darah dapat berkontribusi pada ketidakseimbangan hormon lainnya, yang dapat mendorong keluhan kulit," kata Cassandra Barns. Cobalah untuk tidak mengkhawatirkan kulit Anda, dan lakukan aktivitas penghilang stres seperti yoga.

#4. Kurangi junk food
Makanan yang buruk untuk dikonsumsi dapat memperburuk keadaan. "Junk food sering disertai dengan bahan-bahan yang dapat memperburuk masalah kulit dan memperburuk peradangan - termasuk aditif, gula, dan kelebihan garam," kata Cassandra Barns.

"Mereka juga kaya akan karbohidrat yang cepat dicerna dan diserap (pikirkan roti putih dan kue-kue), yang dapat mengganggu keseimbangan flora alami di usus kita serta gula darah dan keseimbangan hormon, yang semuanya dapat dikaitkan dengan masalah kulit. "

#5. Terapi cahaya
Kim Kardashian juga telah mencoba sistem terapi cahaya di rumah. "Aku menggunakannya untuk psoriasisku karena aku akan mencoba apa saja," katanya kepada laman Into the Gloss. "Dulu aku sangat sakit di bagian belakang kakiku ... Sekarang aku hanya memiliki dua bercak yang sepertinya tidak akan hilang, tetapi sisanya sudah hilang sejak aku punya bayi."

Kemudian pada 2017, Kim mengatakan psoriasisnya "hampir hilang." Dia telah menggunakan lampu LED, tetapi terapi yang sebenarnya kontroversial. Lampu yang digunakan Kim adalah 'lampu merah' yang sebenarnya tidak disetujui FDA untuk penyakit ini. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba perawatan seperti itu.

#6. Konsultasi dengan dokter
Ada tiga jenis perawatan utama, dan dokter akan memutuskan mana yang terbaik berdasarkan seberapa buruk gejala yang dialami.

Topikal: Krim emolien atau steroid adalah pilihan pertama untuk psoriasis ringan hingga sedang.

Fototerapi: Perawatan spesialis ini menggunakan lampu buatan untuk merawat kulit Anda.

Perawatan sistemik: Perawatan oral atau intravena datang dengan efek samping yang berpotensi serius, jadi dokter hanya akan meresepkannya untuk kasus yang parah.