4 Kriteria Kulit Sehat, Kulit Putih Tak Masuk

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 18 September 2018 06:06 WIB
4 Kriteria Kulit Sehat, Kulit Putih Tak Masuk

CANTIKA.COM, Jakarta - Apapun warna dan jenis kulitmu, kulit sehat adalah dambaan setiap perempuan. Tapi sebenarnya apa saja kriteria kulit sehat itu? Apakah sekadar kulit yang putih, mulus, dan merona?

Baca juga:
Masalah Kulit yang Dapat Diatasi dengan Perawatan Laser

"Ingat, kulit putih itu belum tentu kulit yang sehat. Para wanita harus sadar supaya jangan sekadar putih," ujar dokter Adinda Fitri Ningtyas, Medical and Training Manager ZAP Clinic dalam keterangan tertulis. Dia merinci apa saja 4 syarat kulit masuk kategori sehat.

1. Bersih
Tidak ada jerawat dan komedo pada kulit wajah dan tubuh.

2. Warna kulit merata
Ada kalanya warna kulit wajah, leher, dan pergelangan tangan berbeda-beda karena setiap bagian terpapar sinar matahari dengan kadar yang berbeda pula. Sejatinya warna kulit wajah dan tubuh bisa sama atau merata. Dan itu artinya kulitmu sehat.

3. Elastis
Kulit yang bisa meregang dan kembali ke bentuk asalnya masuk kategori kulit sehat. Musababnya, kondisi ini mencerminkan kulit yang lembap dan memiliki kadar air yang cukup. Singkatnya, kulit terhidrasi dengan baik.

4. Tekstur halus dan lembut
Permukaan kulit yang tidak rata dan kasar bisa disebabkan menumpuknya sel-sel kulit mati dan kulit yang kekurangan air.

Ilustrasi kulit wajah. shutterstock.com

Adinda Fitri Ningtyas menjelaskan, pemahaman tentang kulit sehat ini menjadi penting karena hingga kini kulit putih dianggap masih menjadi standar kecantikan bagi perempuan Asia. Di Indonesia misalnya, hasil survei ZAP Beauty Index terhadap 17.889 perempuan menunjukkan 1 dari 4 remaja berusia kurang dari 18 tahun merasa punya kulit putih lebih penting daripada merasa bahagia.

Artikel lainnya:
Punya Kulit Berminyak, Jangan Memperparah dengan 4 Kebiasaan Ini

Berangkat dari situ, tak heran jika sebanyak 59,6 persen perempuan memilih produk kecantikan yang berfungsi mencerahkan kulit. "Tapi harus hati-hati karena produk-produk yang bisa memutihkan kulit dalam waktu cepat, malah berbahaya," ucap Adinda. Intinya, kulit gelap atau kulit putih bukan indikator kesehatan kulit.