Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

cinta

10 Tanda Pria Menghargai Wanita dalam Hubungan, Tidak Mengendalikan hingga Terbuka secara Emosional

Jumat, 7 April 2023 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu berada dalam hubungan baru dan bertanya-tanya apakah kamu diperlakukan dengan cara yang benar-benar pantas kamu terima? Mengingat di awal hubungan kerap terlalu mudah menutup mata terhadap perilaku tidak sopan saat kamu berada dalam cengkeraman nafsu atau sedikit tergila-gila. Berikut sejumlah tanda pria menghargai wanita yang dicintainya.

1. Memberi Perhatian Penuh

Salah satu tanda pria menghargai wanita yang dicintainya adalah segera menjawab telepon kamu, dan memberikan perhatian sepenuhnya saat bersama kamu.

Jika dia sering membatalkan rencana, lalai membalas pesan, tidak memulai kencan atau mengirim pesan kepada teman-temannya saat makan malam romantis, rasa hormat terhadap Anda tidak benar-benar ada di pikirannya.

Kamu berhak mendapatkan perhatian yang ingin kamu berikan dalam suatu hubungan dan jika dia tidak tersedia - secara fisik, emosional, atau mental - lanjutkan dan investasikan waktu kamu yang berharga pada seseorang yang ada.

2. Tertarik dengan Pendapat Kamu

Tidak ada yang lebih buruk daripada menyuarakan pendapat selama percakapan dan langsung ditutup. Apakah dia setuju dengan kamu atau tidak, pria yang menghargai wanita akan tertarik dengan apa yang kamu katakan dan ingin memperdebatkan detail yang lebih halus darinya. Dia akan penasaran tentang cara kerja pikiran kamu dan tertarik untuk mempelajarinya.

Faktanya, dia akan secara teratur meminta pendapat kamu dan menanggapinya dengan sangat serius. Sama seperti wanita, kebanyakan pria ingin ditemani seseorang yang dapat memberikan saran, persepsi berbeda, dan stimulasi mental.

Jika kamu bersama seorang pria yang tertawa ketika kamu menawarkan sudut pandang atau menolaknya begitu saja, dia tidak hanya menunjukkan kurangnya rasa hormat, dia juga harus tumbuh dewasa.

3. Tidak Mencoba Mengendalikan

Ketika kamu berpikir tentang mengendalikan perilaku, apakah itu dari pria, atasan, atau orang tua, dasarnya adalah rasa takut atau rasa tidak aman. Misalnya, seorang bos mungkin membuang bebannya karena mereka sedang melakukan perjalanan kekuasaan yang menutupi masalah harga diri mereka. Orang tua mungkin mencoba mengendalikan tindakan kamu karena mereka takut sesuatu yang buruk akan terjadi pada kamu.

Dalam hal hubungan, pria yang mengontrol menggunakan perilaku sebagai bentuk perlindungan, untuk dirinya sendiri. Meskipun hal ini sering terwujud dalam pertunjukan kekuatan, itu berasal dari rasa takut, rasa tidak aman, atau perasaan tidak berharga yang tertanam dalam.

Pada awalnya, mengendalikan kamu mungkin berarti tindakan sederhana seperti memesan makanan tanpa menanyakan apa yang kamu inginkan atau mencoba memengaruhi keputusan kamu.

Ini berarti menunjukkan kurangnya rasa hormat karena pria yang menghargai kamu percaya bahwa kamu tahu bagaimana menjalankan hidup kamu sendiri. Seiring waktu, tindakan kecil ini bisa berubah menjadi kecemburuan, posesif, manipulasi, dan bahkan kekerasan. Selalu hargai diri kamu cukup untuk tetap mengendalikan hidup kamu sendiri.

Baca juga: 7 Cara Berhenti Mengontrol dalam Hubungan, Kelola Ekspektasi hingga Berlatih Melepas Sesuatu

<!--more-->

4. Terbuka secara Emosional

Ini mungkin stereotipe bahwa pria merasa sulit untuk terbuka secara emosional, tetapi, sayangnya, terkadang itu benar. Baik itu keterbatasan masyarakat, pengasuhan, atau ketidakamanan, dunia tidak menerima pria yang menunjukkan emosi, seperti halnya wanita. Oleh karena itu, ketika seorang pria benar-benar terbuka kepada kamu tentang masa lalunya, kekhawatirannya, atau ketakutannya, kamu dapat yakin bahwa dia menghormati kamu dan terbuka menjadi rentan. Sebab ini ada hubungannya dengan kepercayaan, seperti halnya dengan rasa menghargai.

Nyatanya, sulit untuk mempercayai seseorang tanpa menghormatinya, karena kamu tidak merasa cukup aman untuk melakukannya dengan seseorang yang pendapatnya tidak diperhitungkan.

Jadi, meskipun mungkin tidak terlihat seperti masalah besar ketika dia memberi tahu kamu tentang bagaimana ayahnya membuatnya merasa tidak penting, ketahuilah bahwa itu adalah tanda rasa hormat emosional yang pasti.

5. Mendorong Kamu untuk Berhasil

Menghormati seseorang membuat kamu merasa akan melakukan apa saja untuk membantu mereka sukses. Kamu mengagumi sifat-sifat yang membuat mereka menjadi diri mereka sendiri, kamu suka merasa bangga terhadap mereka, dan kamu ingin mendorong mereka menuju kesuksesan lebih lanjut. Ini bahkan lebih menonjol di awal suatu hubungan ketika hal-hal itulah yang membuat kamu tertarik pada seseorang.

Jika pria sering meremehkan antusiasme kamu, tidak tertarik untuk menyemangati atau mendiskusikan tujuan kamu, atau, lebih buruk lagi, menyabotase upaya untuk memperbaiki diri sendiri, dia tidak menunjukkan rasa menghargai. Kemungkinan besar, dia cemburu dan berusaha mencegah kamu berkembang. Itulah isyarat Anda untuk berpikir ulang soal hubungan.

6. Jujur tentang Ekspektasi Hubungan

Apakah kamu baru berkencan lima kali atau akan mencapai satu tahun, pria yang menghormati kamu akan secara terbuka mendiskusikan hubungan. Namun terkadang, ini mungkin berarti dia jujur tentang fakta bahwa dia tidak menginginkan sesuatu yang serius saat ini.

Namun, selama dia mengungkapkannya, kamu akan tahu dia menghormati kamu. Dia tidak tertarik menipu kamu tentang perasaannya, hanya untuk membuat kamu bertahan di sana untuk kesenangannya sendiri. Dalam hal ini, sepenuhnya terserah kamu untuk tetap tinggal, atau pergi, jika idenya tidak sesuai dengan ide kamu.

Dia tidak akan takut mendiskusikan posisi kamu dalam hal eksklusivitas, rencana akhir pekan reguler, atau kapan harus bertemu orang tua masing-masing. Apa pun hasil diskusinya, pria yang menghormati kamu akan menawarkan pendapat yang jujur dan terbuka, dengan kemampuan terbaiknya.

Baca juga: 8 Cara Membuat Pasangan Nyaman dalam Hubungan

<!--more-->

7. Terlibat dalam Kehidupan Satu Sama Lain

Jika Anda sudah lama berkencan dengan seorang pria dan menghabiskan sedikit waktu bersama, masuk akal jika pada akhirnya kamu akan bertemu dengan teman, keluarga, atau rekan kerja satu sama lain. Ketika dia menghormati kamu, dia ingin memeriksa semua aspek berbeda dalam hidup kamu dan mencari tahu apa yang membuat kamu tergerak.

Dia juga ingin kamu bergabung dengannya, dengan mengajak kamu bergaul dengan teman-temannya, atau menontonnya bermain sepak bola di akhir pekan.

Di sisi lain, jika Anda tidak tahu apa-apa tentang kehidupan seorang pria, seperti kamu tidak tahu nama teman-temannya atau dia merahasiakan apa yang dia lakukan selama seminggu, berhati-hatilah terhadap fakta bahwa dia mungkin tidak berpikir kamu penting baginya.

8. Tertarik dengan Kesenangan Kamu

Jika seorang pria, misalnya, hanya tertarik pada hubungan intim dan tidak menghormati kamu sama sekali, dia akan sering berperilaku egois.

Seorang pria yang menghormati kamu akan mengutamakan kamu. Dia akan memastikan kamu menyukai restoran yang dia pilih, memberi kamu jaketnya saat dingin, mencoba membuat kamu tertawa, dan memperhatikan perasaan kamu.

9. Tidak Mudah Cemburu

Kecemburuan agak membingungkan, karena merasakan efek monster bermata hijau, dalam arti kecil, belum tentu merupakan pertanda buruk. Lagi pula, jika pria lain mendekati kamu dan pasangan kamu merasa sedikit cemburu, dia juga diingatkan betapa beruntungnya dia memiliki kamu, jadi dia menyukainya pada saat yang sama.

Namun, ada perbedaan besar antara cemburu yang sehat dan pria yang selalu ingin tahu di mana kamu berada, melacak ponsel kamu, atau selalu cemburu setiap kali kamu keluar tanpa dia. Jenis tindakan ini meneriakkan rasa tidak hormat karena dia jelas tidak mempercayai atau menghargai privasi kamu.

10. Penggemar Nomor Satu Kamu

Pikirkan tentang seseorang dalam hidup kamu yang sangat kamu hormati. Mungkin itu ibumu, mantan guru, atau sahabatmu. Saat kamu menghormati seseorang, kamu benar-benar penggemar nomor satu mereka dan ingin melihat mereka bahagia, sehat, dan percaya diri dalam hidup. Tanda pria menghargai wanita yang dicintainya akan menjadi penggemar nomor satu kamu, dengan cara yang sama.

Pilihan Editor: 7 Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dengan Pasangan

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika