Mengulik Tren Asoka Makeup yang Hits Lagi, Dikenalkan Kareena Kapoor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Aktris Bollywood Kareena Kapoor saat memperagakan kreasi busana karya desainer Anamika Khanna dalam Lakme Fashion Week di Mumbai, India, 4 Februari 2018. Kareena Kapoor tampil cantik dalam balutan gaun hitam. firstpost.com

Aktris Bollywood Kareena Kapoor saat memperagakan kreasi busana karya desainer Anamika Khanna dalam Lakme Fashion Week di Mumbai, India, 4 Februari 2018. Kareena Kapoor tampil cantik dalam balutan gaun hitam. firstpost.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren Asoka makeup menjadi perbincangan di media sosial, bahkan tak sedikit para selebgram dan artis Tanah Air yang meng-create riasan wajah ini, lho. Melansir dari CBC.CA, tren asoka makeup menghasilkan ratusan ribu postingan di TikTok. Para creator mengubah diri dan rambut menjadi pengantin India, mulai dari tata rias serta pakaian.

Mereka juga menyematkan lagu San Sanana ost film Asoka yang tayang pada tahun 2001 silam. Sebagai informasi, film tersebut dibintangi Kareena Kapoor dan Shah Rukh Khan.

Sementara mengutip dari Times of India, film Asoka di bawah naungan director handal Santosh Sivan, menceritakan dramatisasi kehidupan awal kaisar Asoka dari Kekaisaran Maurya. Asoka sendiri mendapat rating 6,4/10 di IMDB dan rata-rata 69 persen di Rotten Tomatoes. 

Tak hanya sebagai director, Santosh Sivan juga berperan sebagai penulis naskah bersama Saket Chaudhary dan Abbas Tyrewala. Dalam film Asoka, Kareena Kapoor kerap memamerkan pakaian India kuno dengan detail bold kohl-rimmed eyeliner serta geometric patterns di area wajah dan tubuhnya.

Masih dari sumber yang sama, tren Asoka makeup memberi penghormatan pada film juga keindahan abadi budaya India, serta memberi pengaruh khusus terhadap tata rias dan fashion.

Memakan waktu hingga delapan jam untuk mengunggah tren Asoka Makeup

Tren Asoka makeup ini tergolong rumit karena melibatkan quick cuts, gerakan tangan yang tersinkonisasi, ekspresi wajah, lip syncing, gerakan kepala hingga bold colour. Selain itu, kita dituntut membuat riasan semirip mungkin dengan yang ditampilkan di dalam filmnya, termasuk pemakaian bindi atau titik merah yang ada di dahi perempuan India.

Diketahui, pembuat konten tren Asoka makeup menghabiskan setidaknya delapan jam atau lebih untuk mengunggah klip mereka.

Influencer asal Stouffville, Ontario, Canada yakni Durka Murugananthan misalnya, ia mengunggah dua kali video Asoka Makeup di laman TikToknya, video yang diunggah pada 24 April 2024 itu telah ditonton hampir 2 juta kali dan mendapat like sebanyak 94.000.

Video pertamanya, ia tampak memadupadankan baju sari warna maroon, bindi serta dupatta dengan kombinasi warna maroon, hijau dan emas. Untuk diketahui, dupatta merupakan scarf atau selendang khas India yang berfungsi sebagai penutup dada atau kepala perempuan India.

Lebih lanjut, Durka juga memakai headpiece, red bindi dan bangles (gelang India) warna oranye dan merah. Untuk memaksimalkan penampilannya, influencer asal Canada itu juga menambahkan aksesori lain yakni gold and white sunburst earrings serta double pearl chocker.

Sementara di video kedua, ia terlihat menggunakan outfit warna navy, serta bindi berwarna senada. Ia pun tak melupakan black bold kohl-rimmed eyeliner seperti Kareena Kapoor, serta memulaskan eyeshadow warna cokelat dan krem.

Untuk memaksimalkan penampilannya, perempuan berusia 27 tahun itu juga memasangkan blue, gold and light grey bangles, gold chandelier earrings hingga statement necklace warna gold.

Dalam pembuatan video pertamanya, Durka mengaku membutuhkan waktu 7 jam dari awal sampai akhirnya video buatannya tersebut tayang. Hal ini dikarenakan ia sempat ragu dengan dirinya bahwa dia mampu mengingat orang-orang menggunakan seluruh tim produksinya, sementara ia hanya membuat tren Asoka makeup bersama rekannya @Maumdv.

Kareena Kapoor sebagai ikon tren Asoka Makeup

Kareena Kapoor didapuk sebagai pelopor tren Asoka makeup karena film yang dimainkannya serta popularitas dan dedikasinya memerankan setidaknya 70 film Bollywood.

Profesor di Departemen Studi Komunikasi dan Seni Media Universitas McMacter, Hamilton, Ontario Canada, Faiza Hirji menjelaskan, tidak mengherankan tren asoka makeup digemari karena mengingat pentingnya elemen estetika bagi Bollywood serta TikTok yang memberi kesenangan bagi para penggunanya.

"Sebagai sebuah tren (Asoka Makeup) secara keseluruhan, terkadang saya sedikit bertanya-tanya tentang seberapa besar fokus kecantikan di TikTok, menurut saya akan sangat bagus jika ada aspek yang beragam di dalamnya juga," kata Hirji yang juga penulis Dreaming in Canadian: South Asian Youth, Bollywood and Belonging.

Dia juga mencatat bahwa kini semakin banyak influencer di Asia Selatan yang merasa diberdayakan untuk menggunakan TikTok untuk mempromosikan diri mereka, seperti makeup influencer India Debasree Banerjee memiliki penggemar di seluruh dunia. 

"Menurut saya, secara alami hal-hal tersebut akan mencerminkan hal-hal yang memengaruhi mereka, yang menurut saya luar biasa," tambahnya.

Nah, itu dia pengertian tren Asoka makeup yang sedang ramai diikuti para beauty enthusiast di TikTok, tertarik mencobanya Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Kareena Kapoor bagikan Pose Yoga Chakrasana, Bisa Turunkan Tekanan Darah

CBC CA | TIMES IF INDIA | TIK TOK DURKA MURU

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."