Mengenal Karmic Relationship beserta Tandanya, Hubungan Naik Turun seperti Roller Coaster

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Istilah toxic relationship mengacu pada sebuah hubungan yang tidak sehat dan ditandai dengan berbagai perilaku 'beracun' yang punya potensi merusak fisik dan mental diri sendiri atau pasangan. (Foto: Canva)

Istilah toxic relationship mengacu pada sebuah hubungan yang tidak sehat dan ditandai dengan berbagai perilaku 'beracun' yang punya potensi merusak fisik dan mental diri sendiri atau pasangan. (Foto: Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memilih pasangan memang tidak mudah dan tak boleh sembarangan. Alih-alih mendapat perlakuan romantis, seseorang justru kadang terjebak dalam toxic relationship.

Salah satu jenis hubungan toxic adalah karmic relationship. Kondisi yang berjalan mesra tetapi ada kalanya orang tidak merasa bahagia. Jika kamu dan pasangan sedang mengalami hal tersebut, bisa jadi kalian sedang menjalani karmic relationship.

Meskipun dimaksudkan untuk mengajarkan pelajaran hidup, hubungan ini kerap penuh gejolak dan emosi yang tak tertahankan. Merangkum dari Psychcentral, karmic relationship berbeda dengan soulmate, karena hubungan percintaan seperti sedang menaiki roller coaster dan tidak pernah stabil.

Untuk diketahui, karmic relationship bukanlah diagnosis formal atau penunjukan klinis ya, Sahabat Cantika. Ini merupakan label hubungan spiritual untuk dua orang yang dipertemukan dari kehidupan masa lalu untuk menyelesaikan masalah yang belum selesai atau memberikan pelajaran hidup yang penting.

"Karmic relationship diyakini berasal dari masalah yang belum terselesaikan yang terbawa dari kehidupan masa lalu, menciptakan siklus pembelajaran dan pertumbuhan pribadi,” kata terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Burbank, Dr. Caroline Madden.

"Hubungan ini bertindak sebagai cermin, mencerminkan kembali aspek diri kita yang memerlukan perhatian dan penyembuhan," tambahnya.

Pekerja sosial klinis Bespoke Treatment, Jenae Stainer menambahkan karmic relationship adalah hubungan intens dan penuh gairah. Ia menyebut adanya daya tarik yang tidak terpatahkan terhadap pasangannya, meski ada kesulitan dalam hubungan.

Tanda-tanda karmic relationship

Masih dari sumber yang sama, berikut delapan tanda umum kamu sedang berada dalam karmic relationship, apa saja?

1. Merasakan hubungan langsung dan kuat dengan orang lain

2. Mempunyai perasaan yang pernah kamu temui sebelumnya

3. Pola konflik yang sedang berlangsung

4. Memperhatikan tiap tantangan yang belum terselesaikan dari hubungan masa lalu atau masa kanak-kanak

5. Merasakan hubungan seperti kewajiban daripada koneksi yang tulus

6. Berada di dalam hubungan seperti roller coaster atau roller coaster emotional

7. Kerap mengalami ketertarikan dan penolakan yang kuat terhadap pasangan

8. Mengalami kelelahan emosional

Nah, itu dia pengertian karmic relationship beserta delapan tanda umumnya. Bagi yang sedang merasakan hal serupa, semoga mendapatkan solusi ya!

Pilihan Editor: Terjebak dalam Submarine Relationship, Begini Cara Mengelola Perasaan Kamu

PSYCHCENTRAL

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."