Mengenal 4 Tahapan dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Suatu hubungan melewati banyak tahapan untuk melampaui perasaan awal untuk memahami satu sama lain. Hubungan yang sehat membutuhkan banyak upaya dari kedua belah pihak di setiap tahapan untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan ruang yang aman serta bahagia bagi dua orang untuk tumbuh bersama. Menurut terapis hubungan, Elizabeth Earnshaw, ada sejumah tahapan dalam hubungan yang akan dijalani. 

Suatu hubungan dimulai dengan perasaan tergila-gila, kemudian perlahan-lahan melewati tahap realisasi jatuh cinta satu sama lain. Seringkali ketegangan mengisi tahap ketiga dalam hubungan, dan akhirnya menemukan titik temu untuk tetap bersama.

“Hubungan kita bergerak melalui tahapan yang berbeda saat kita saling mengenal. Terkadang, mereka mengalir masuk dan keluar dari tahapan tertentu, dan terkadang kita bisa benar-benar terjebak di tahapan lain," kata Earnshaw dikutip dari Hindustan Times, pada 2 April 2023.

Berikut empa tahapan dalam hubungan menurut Earnshaw.

1. Tergila-gila

Pada fase awal suatu hubungan, otak memompa keluar hormon cinta seperti dopamin dan oksitosin, yang memberi kita perasaan gembira, bahagia, aman, dan hangat. Oleh karena itu, ini adalah tahap ketika bagian rasional otak benar-benar mati dan kita terus mengikuti arus.

Pada tahap ini, kita sering melewatkan informasi penting yang dapat memengaruhi hubungan, seperti tanda bahaya pada seseorang.

2. Realisasi

Di tahap ini, hormon cinta mulai berkurang, dan kita mulai melihat orang yang sebenarnya. Seringkali, kita bertentangan dengan apa yang kita pikirkan sebelumnya dan bagaimana hal itu muncul. Ini juga merupakan tahap dalam hubungan di mana kita mulai menyadari beberapa kebenaran dari kedua belah pihak.

3. Ketegangan

Ketegangan adalah tahap dalam hubungan berikutnya. Perbedaan kedua orang yang terlibat dalam hubungan dibahas dalam fase ini. Seringkali pasangan berada dalam tahap ketegangan untuk waktu yang lama. Tahap ini juga bisa memutuskan suatu hubungan jika orang tidak dapat mempertahankan hubungan tersebut.

4. Penerimaan

Di tahapan ini, orang menjauh dari gagasan fantasi tentang suatu hubungan dan mulai menerima perbedaan. Mereka juga berusaha untuk menerima satu sama lain dan menemukan kesamaan untuk bersama.

Kamu dan pasangan sedang berada di tahap dalam hubungan yang mana, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: 5 Alasan Mengapa Perbedaan dalam Hubungan juga Diperlukan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."