9 Cara Membangun Koneksi Emosional yang Kuat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Unsplash.com/Priscilla du Perez

Ilustrasi pasangan. Unsplash.com/Priscilla du Perez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki koneksi emosional yang kuat salah satu fondasi dalam hubungan. Mengingat ikatan emosional yang kuat semakin memperkuat cinta di antara kalian berdua. Tanpa koneksi emosional, hubungan bisa jadi terasa hambar dan lambat laun cinta memudar. Untuk menghindari hal itu terjadi, berikut cara membangun koneksi emosional yang kuat.

1. Identifikasi dan Beri Nama Perasaan

Langkah pertama untuk mengidentifikasi perasaan kamu adalah mengenali bahwa kamu memiliki perasaan. Banyak pria dan beberapa wanita bahkan tidak dapat menyadari bahwa mereka merasakan sesuatu.

Ketika ditanya apa yang mereka rasakan, janganlah menjawab “Saya tidak tahu". Jika kamu manusia dan hidup, kamu pasti memiliki perasaan.

2. Bagikan Perasaan dengan Pasangan

Setelah kamu dapat mengidentifikasi perasaan kamu, maka kamu perlu membaginya dengan pasangan. Pasangan kamu ingin mengena kamu dan perasaan kamu.

Jika kamu tidak mengetahui perasaan kamu sendiri, maka kamu tidak dapat berbagi banyak tentang siapa diri kamu sebenarnya.

Saat kamu mengetahui perasaan kamu sendiri berarti kamu belajar bagaimana terhubung dengan diri sendiri secara emosional, sehingga membantu kamu belajar bagaimana membuat hubungan emosional.

3. Berlatih Berbagi dan Mendengarkan 

Teknik ini membantu orang berbagi satu ide atau persepsi pada satu waktu. Satu orang membagikan perasaan mereka terlebih dahulu, kemudian orang lain mendengarkan untuk memahami dan mengulangi kembali apa yang mereka dengar. Jika mereka melakukannya dengan benar, ganti peran; jika tidak, coba lagi.

4. Habiskan Waktu Berkualitas Bersama

Habiskan waktu bersama di mana Anda hadir secara emosional, fisik, dan spiritual satu sama lain. Berada di saat ini.

5. Jadikan Pasangan Prioritas

Temukan cara untuk membuat pasangan Anda merasa bahwa mereka adalah prioritas utama Anda. Respons telepon dengan cepat. Kirim pesan teks positif satu sama lain sepanjang hari. Jadilah kreatif.

6. Lakukan Apa yang Kamu Katakan

Bila kamu mengatakan akan memotong rumput, potong rumput. Jika Anda tidak berniat membuang sampah sebelum bekerja, jangan tunjukkan bahwa Anda akan melakukannya. Singkatnya, tepati janji kamu.

7. Cintai Pasangan Seutuhnya

Jangan tunjukkan kelemahan mereka. Terima pasangan dalam segala hal, termasuk semua kebiasaan kecil mereka yang aneh. Ingat, kamu juga memilikinya, dan kamu menginginkan rasa hormat yang sama dari pasangan.

8. Dukung Pasangan

Jadilah positif dan dukung pasangan kamu untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa. Pada gilirannya, mereka akan membantu kamu menjadi yang terbaik. Membangun keamanan dan kepercayaan berarti melindungi pasangan kamu dan memastikan kamu selalu berdiri bersama melalui setiap keadaan hidup dengan kekuatan.

9. Lindungi Hubungan dari Orang Lain

Dengan melindungi hubungan kamu dari orang lain — apakah itu mertua atau ancaman rekan kerja yang genit, pastikan hubungan kuat dan aman satu sama lain. Pastikan kamu dan pasangan mengatasi ancaman terhadap pernikahan atau hubungan dan membuat akomodasi yang memperkuat hubungan Anda di atas kebutuhan pribadi Anda.

Dengan merawat hubungan, kamu akan belajar bagaimana membangun koneksi emosional yang kuat.

Baca juga: 7 Cara Membangun Ikatan Batin dengan Pasangan dalam Pernikahan

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."