Ilustrasi vagina. Shutterstock

kesehatan

Buang Air Kecil Terasa Sakit setelah Berhubungan Intim, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 11 Maret 2023 20:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Buang air kecil terasa sakit setelah berhubungan intim bisa meredam gairah dan menghilangkan kesempatan putaran kedua. Bukan cuma itu, Anda tentunya mencurigai kemungkinan masalah kesehatan yang muncul. Buang air kecil terasa sakit setelah berhubungan intim bisa jadi tanda infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual, tapi tidak selalu.

Buang air kecil yang menyakitkan bisa jadi merupakan sinyal iritasi vagina, yang seringkali dapat ditangani di rumah tanpa kunjungan dokter atau antibiotik. Namun, penting bagi Anda untuk memahaminya, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah rasa sakit tersebut berlanjut.

Penyebab Buang Air Kecil Terasa Sakit setelah Berhubungan Intim

Sensasi terbakar saat buang air kecil setelah berhubungan intim secara medis dikenal sebagai disuria.

"Penyebabnya beragam mulai dari sesuatu yang ringan seperti iritasi eksternal yang berhubungan dengan kulit di sekitar pembukaan uretra hingga sesuatu yang lebih internal seperti penyakit menular seksual. infeksi (IMS) atau ISK," kata Mare Mbaye, dokter kandungan di New York, Amerika Serikat, seperti dilansir dari PopSugar pada 9 Maret 2023.

Dalam kasus yang jarang terjadi, orang mungkin mengalami buang air kecil terasa sakit setelah berhubungan intim disebabkan oleh infeksi jamur atau vaginosis bakteri.

Penyebab lainnya adalah labia, vagina, atau uretra menjadi teriritasi karena kurangnya rangsangan atau foreplay, atau akibat alergi kondom, eksim, atau reaksi terhadap air mani atau air liur.. Misalnya, kurangnya pelumasan saat berhubungan intim meningkatkan kemungkinan lecet atau robekan mikro di kulit. Ketika Anda kemudian buang air kecil, Anda mungkin merasa terbakar.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu apakah sensasi terbakar itu akibat iritasi eksternal atau tanda sesuatu yang mungkin memerlukan perhatian medis?

"Jika itu hanya iritasi 'mekanis' seperti kekeringan atau kepekaan, maka itu mungkin hanya berlangsung beberapa menit dengan buang air kecil pertama setelah berhubungan intim," jelas Shieva Ghofrany, ahli kebidanan bersertifikat sekaligus salah satu pendiri Tribe Called V.

"Namun, jika berlangsung lebih lama, seperti lebih dari beberapa jam, maka itu mungkin uretritis, atau ISK dan Anda harus menghubungi dokter untuk melakukan tes urinalisis dan IMS."

Saat Anda menunggu beberapa jam pertama, minumlah banyak air. "Jika ada sejumlah kecil bakteri yang turun dari uretra ke kandung kemih, maka mengencerkannya dengan meminum banyak air sehingga jumlah bakteri tidak terkonsentrasi di urine dapat membantu mengeluarkan bakteri dan secara alami menyembuhkan infeksinya," kata Dr. Ghofrany.

Banyak wanita berasumsi bahwa jika mereka mengalami iritasi saat buang air kecil, itu pasti ISK dan dengan demikian segera menghubungi dokter mereka untuk mendapatkan antibiotik. Meskipun antibiotik sangat penting jika Anda mengalami ISK, seringkali gejala iritasi dan disuria akan hilang dengan jumlah yang banyak. air dan tidak memerlukan antibiotik.

Baca juga: 7 Penyebab Keluar Darah setelah Berhubungan Intim