8 Penyebab Rasa Sakit saat Berhubungan Intim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika hubungan intim membuatmu merasa tidak nyaman secara fisik, inilah saat yang tepat untuk mengulik penyebab rasa sakit saat berhubungan intim. Selain tak menghasilkan kepuasan bersama yang menjadi salah satu tujuan bercinta, kondisi tersebut juga bisa menjadi gejala masalah kesehatan.

"Berhubungan intim adalah untuk prokreasi, tetapi juga untuk kesenangan. Dan, kesenangan itu lebih sulit dicapai jika berhubungan intim terasa menyakitkan," kata Maria Sophocles, dokter kandungan bersertifikat dan Direktur Medis Women's Healthcare of Princeton di Princeton, New Jersey, Amerika Serkat, seperti dilansir Livestrong, pada 25 Februari 2023.

Berikut ini adalah delapan penyebab rasa sakit saat berhubungan intim yang perlu kamu ketahui.

1. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Infeksi menular seksual termasuk klamidia dan gonore dapat menyebabkan rasa sakit atau terbakar saat berhubungan intim menurut American Academy of Family Physicians.

Herpes juga dapat menyebabkan lepuhan kecil pada penis atau area miss V yang dapat menyebabkan perasaan seperti terbakar atau terasa sakit.

Segera temui dokter jika kamu berpikir bahwa kamu mungkin menderita IMS. Infeksi seperti klamidia dan gonore mungkin memerlukan antibiotik. Meskipun tidak ada obat untuk herpes, ada obat-obatan (dan beberapa pengobatan herpes lainnya) yang dapat membuat gejala yang kamu alami menjadi lebih mudah untuk ditangani.

2. Infeksi Lain

Infeksi ragi dan infeksi vagina lainnya, seperti vaginitis, dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan intim bersama dengan rasa gatal, rasa terbakar, dan peningkatan keputihan.

Infeksi saluran kemih atau bahkan eksim di area miss V juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan, menurut Mayo Clinic.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Miss V setelah Berhubungan Intim

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."