Diet Vegetarian Bisa Turunkan Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vegetarian. Shutterstock

Ilustrasi vegetarian. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Vegetarian atau pola makan pangan nabati memiliki manfaat selain menurunkan berat badan. Untuk wanita, vegetarian bisa mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK) seperti yang dipaparkan dalam penelitian dalam jurnal Scientific Reports.

Infeksi saluran kemih umumnya disebabkan bakteri usus seperti E coli, yang memasuki saluran kemih melalui uretra, dan mempengaruhi ginjal dan kandung kemih.

Dalam studi itu, peneliti mengamati kejadian infeksi saluran kemih pada 9.724 umat Buddha di Taiwan, yang berpartisipasi dalam Studi Vegetarian Tzu Chi.

Mereka menemukan, risiko terkena infeksi saluran kemih sekitar 16 persen lebih rendah pada para vegetarian dibandingkan non-vegetarian.

Dari 3.040 vegetarian dalam penelitian ini, sebanyak 217 orang mengembangkan infeksi saluran kemih. Sementara itu, ada 444 kasus infeksi pada 6.684 non-vegetarian.

Menurut para peneliti, diet vegetarian dapat menghindari menelan E. coli yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih karena tidak mengonsumsi makanan sumber E. coli yang umum, seperti unggas dan babi.

Mereka berspekulasi, diet serat yang lebih tinggi dapat mencegah pertumbuhan E. coli di usus dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih, demikian seperti dilansir Indian Express.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."